Beginilah Mom 4 Cara Menghadapi Anak Introvert agar Mau Sedikit Terbuka

11

Cara Menghadapi Anak IntrovertAnak-anak introvert selalu terkesan pendiam dan penyendiri. Mereka tidak banyak berkumpul dengan teman-temannya. Para orang tua yang memiliki anak-anak dengan kepribadian introvert, tidak seharusnya selalu menekan mereka. Setiap anak memiliki kepribadiannya masing-masing yang dia bawa sejak lahir. Sama halnya dengan anak-anak yang memiliki kepribadian introvert.

Pada dasarnya mereka bukanlah seorang yang pemalu dan antisosial, mereka hanya tidak suka basa-basi dan terlalu banyak melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat untuk mereka. Mereka lebih memilih kualitas dalam berteman daripada kuantitas. Jadi, tidak heran bila mereka tidak memiliki banyak teman.

Pada masa sekolah, anak-anak introvert lebih menyukai tugas berpasangan daripada berkelompok. Bukannya memilih teman, namun anak-anak introvert lebih menyukai hal-hal dikerjakan secara mendalam daripada harus membaginya sedikit demi sedikit namun tidak tuntas.

Mereka juga lebih menyukai aktivitas yang tidak memerlukan banyak pecakapan. Bukannya mereka tidak pandai berbicara, justru anak-anak introvert memiliki pemikiran yang lebih cerewet dibandingkan dengan anak-anak ekstrovert. Mereka lebih suka berbicara dengan pikiran sendiri.

Sebagai orang tua yang bijak, jangan menekan dan memaksakan kehendak kepada anak-anak yang memiliki kepribadian introvert. Dan untuk para calon ibu, kalian harus memiliki pengetahuan tentang persiapan menjadi ibu rumah tangga yang memiliki anak dengan kepribadian introvert. Berikut cara-cara menghadapi anak introvert yang dapat ayah dan bunda lakukan.

    1. Menemaninya

Ketika anak-anak introvert sedang mengalami tekanan atau sedang stress dan banyak pikiran, mereka lebih suka untuk menyendiri dan merenung serta berbicara dengan pikirannya. Selain itu, dengan menyendiri membuat otak mereka terbang bebas. Sehingga mereka dapat meredam stress dan tekanan yang mereka alami.

Anak-anak introvert memerlukan waktu menyendiri untuk memproses setiap pembicaraan dan kejadian yang dia alami selama seharian. Jadi, tidak heran jika dia adalah penghuni rumah terbaik. Selama anak-anak ini menyendiri dan melakukan hal-hal yang dia sukai sendirian, ayah dan bunda sebaiknya tidak mengajaknya mengobrol terlebih dahulu.

Bisa jadi mereka memang sedang memerlukan waktu sendiri. Temani saja segala aktivitasnya sambil duduk diam dan mengamati apa yang dia kerjakan. Hal ini merupakan tips sabar menghadapi anak kecil dengan kepribadian introvert dan cara menjadi ibu dan istri yang baik.

2. Ajak bersosialisasi

Anak-anak introvert tidak suka basa-basi terutama dengan orang-orang asing. Sehingga mereka terkesan pemalu dan tidak memiliki banyak teman. Oleh karena itu, pada setiap kesempatan acara yang sesuai dengan anak Anda, bawa serta mereka dan kenalkan mereka dengan masyarakat.

Kegiatan seperti ini akan membuatnya mampu berbicara dengan orang lain karena mereka telah berkenalan terlebih dahulu. Ini bisa menjadi cara melatih mental anak agar berani mengobrol dengan orang lain dan cara mendidik anak agar percaya diri.

3. Dukung bakatnya

Pada umumnya, anak-anak introvert lebih menyukai kegiatan yang tidak banyak melakukan percakapan serta menulis, membaca, bermain musik ataupun melukis. Perhatikan dan amati apa bakat anak Anda ketika mereka bermain ataupun belajar.

Jika Anda sudah menemukan bakat apa yang dia miliki, mulai giring dengan perlahan dan beri fasilitas kepada anak Anda untuk mengembangkan bakat yang dia miliki. Sehingga, secara otomatis kepercayaan dirinya akan terbangun juga.

Sehingga mereka akan mampu tampil di hadapan orang banyak.Perkembangan pendidikan anak merupakan tanggung jawab ibu terhadap anak begitu pula dengan peran sang ayah terhadap perkembangan sang anak.

4. Bangun kepercayaan dirinya

Sebelum menjadi amat pemalu dna pendiam, orang tua harus segera mengambil langkah untuk mengurangi sifat introvert si kecil. Anak-anak introvert cenderung tanpa ekspresi, namun sebenarnya mereka memiliki bakat besar didalam dirinya. Namun, mereka enggan menunjukkannya. Cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak salah satunya adalah memberikannya pujian.

Untuk itu, ketika mereka berhasil melakukan sesuatu yang membanggakan ataupun misalnya berhasil berteman dengan seseorang, berikan pujian kepada mereka dan berikan saran bahwa berteman itu penting.

Sehingga, kepercayaan dirinya akan terbangun secara alami dan mengurangi sifat introvertnya. Sering memberi penghargaan dengan sering memujinya merupakan salah satu cara menjadi ibu yang dicintai anaknya dan cara menjadi ibu yang baik buat anaknya.

Nah, itulah tadi beberapa cara menghadapi anak introvert yang bisa ayah dan bunda lakukan di rumah. Ingat, intinya sebagai orang tua tidaklah menekan mereka. Semoga informasi yang disajikan pada artikel ini dapat bermanfaat.