Sponsors Link

10 Ciri-ciri Lipstik yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Ciri-ciri lipstik yang berbahaya

ads

Bagi kaum wanita, lipstik merupakan salah satu jenis kosmetik yang wajib dimiliki. Lipstik mampu memberikan nuansa yang berbeda pada tampilan bibir anda. Sehingga tentunya akan semakin membuat penampilan anda terlihat cantik dan menarik dan menjadi cara jitu memikat hati pria . Keberadaan lipstik tidak dapat dipusahkan dari keseharian kaum wanita. Bahkan lisptik cenderung menjadi alat kosmetik yang wajib dibawa kemanapun mereka pergi.

Perkembangan industri kosmetik juga mempengaruhi perkembangan lipstik sendiri. Jika beberapa tahun lalu trend lipstik Glossy amat digemari dengan nuansa warna yang mencolok, berbeda dengan beberapa tahun belakangan ini trend lipstik Matte sedang menjadi hits di kalangan wanita. Meskipun begitu, ternyata penggunaan lipstik secara kontinyu atau terus menerus dapat memberikan dampak yang berbahaya bagi kesehatan sebagaimana juga bahaya tato bagi kesehatan wanita dan dampak negatif memakai high hells bagi kesehatan tulang.

Apalagi jika lipstik yang anda gunakan mengandung bahan berbahaya. Tentunya hal ini harus menjadi perhatian bagi kita semua. Jangan karena keinginan tampil cantik seperti cara agar tampil menarik di kampus , anda kemudian mengesampingkan kesehatan. Karena itu, berikut akan diuraikan secara singkat mengenai 10 ciri-ciri lipstik yang berbahaya bagi kesehatan. Simak selengkapnya.

1. Dijual Dengan Harga yang Relatif Murah

Salah satu cara produsen lipstik berbahaya dan abal-abal adalah dengan menawarkan harga yang relatif murah untuk lipstik yang mereka jual. Tentunya bandrol harga ini patut menjadi kecurigaan bagi anda. Lipstik yang dijual dengan harga mahal saja belum tentu aman, apalagi yang dijuak dengan harga murah. Tentunya sebagai konsumen anda harus bijaksana dan jangan sampai tergiur oleh harga murah ini. Jangan sampai hanya gara-gara lipstik berharga 5-10 ribu an akibatnya akan fatal bagi kesehatan anda dikemudian hari.

2. Tidak Terdapat Sertifikat BPOM

BPOM merupakan badan yang bertugas mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan termasuk juga konsmetik didalamnya. Sebelum dipasarkan, sebuah produk harus melewati perizinan untuk mendapatkan sertifikat dari BPOM. Dipastikan bahwa ketika sebuah produk telah mendapatkan sertifikasi dari BPOM maka produk tersebut telah aman untuk di konsumsi dan digunakan. Anda patut waspada jika hendak membeli lipstik, pastikan bahwa produk anda telah memiliki sertifikat dari BPOM.

3. Menimbulkan Iritasi pada Kulit

Bagi anda yang memiliki kulit sensitif tentu akan sangat berbahaya jika sampai terpapar zat berbahaya dari kosmetik yang anda gunakan. Karena itu, untuk mengecek berbahaya atau tidaknya lipstik yang anda gunakan, anda bisa melakukan pengecekan dengan cara berikut ini :

  • Mula-mula buka penutup lipstik.
  • Kemudian gosokkan atau oleskan lipstik kebagian tangan.
  • Tunggu hingga beberapa menit, lipstik yang memiliki kandungan bahan berbahaya biasanya akan menimbulkan sensasi panas dan gatal hingga dapat menumbulkan iritasi bila bersentuhan dengan kulit.
  • Jika anda merasakan sensasi tersebut maka segera ganti produk lipstik anda dengan merek lain yang lebih aman.
  • Untuk menghilangkan iritasi pada kulit tadi, anda bisa menggunakan manfaat minyak bulus bagi kulit .
    Sponsors Link

4. Berubah Menjadi Warna Kehitaman

Tahukan anda, bahwa kandungan perhiasan emas minimal 18 karat daoat digunakan untuk mengecek kandungan bahan berbahaya dalam lipstik. Caranya cukup sederhana, anda hanya harus mengoleskan lipstik kebagian tangan. Kemudian gosokkan perhiasan anda ke goresan lipstik tadi. Anda bisa menggunakan cincin emas yang anda pakai untuk melakukan tes ini. Jika warna lipstik berubah menjadi warna kehitaman artinya bahwa terdapat kandungan logam lead yang cukup tinggi. Tentunya kandungan logam ini sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh anda.

5. Memiliki Bau yang Menyengat

Ciri-ciri lipstik yang berbahaya berikutnya ialah memiliki bau yang menyengat. Dalam hal ini anda harus cukup sensitif untuk membedakan bau yang menyengat antara lipstik yang berbahaya dan tidak. Pada dasarnya lipstik yang aman relatif tidak berbau, dan jika ada bau maka bau yabg di timbulkan relatuf lebih soft atau lembut. Sebaliknya lipstik berbahaya cenderung memiliki bau yang menyegat, hal ini bisa disebabkan oleh adanya kandungan  bahan atau zat berbahaya didalam lipstik.

7. Saat Digunakan Bibir Akan Terasa Gatal 

Ada sensasi lain yang di timbulkan oleh pemakaian lipstik yang berbahaya, yakni kulit bibir akan terasa lebih tebal dan gatal, hal ini serupa dengan efek memakai sepatu hak tinggi yang juga berbahaya bagi kesehatan .   Berbeda dengan lipstik yang aman digunakan cenderung memberikan tekstur yang ringan saat di pakai. Sebaliknya lipstik yang berbahaya jika digunakan akan membuat bibir terasa lebih tebal dan berat serta terkadang menimbulkan sensasi yang gatal. Jika anda merasakan gejala yang demikian, maka sebaiknya hentikan pemakain dan segera ganti merek lipstik yang anda gunakan.

8. Warna Lipstik Terlalu Mencolok

Warna lipstik yang mencolok tentu akan sangat menarik perhatian. Namun, jika anda perhatikan lebih seksama merek lipstik ternama sangat jarang mengeluarkan varian warna yang mencolok. Mereka lebih dominan kepada warna yang lebih lembut dan tidak terlalu cerah. Tentunya hal ini dapat menjadi sebuah patoka  bagi anda. Karena lipstik yang mengandung bahan berbahaya cenderung di buat dengan warna yang mencolok. Selain untuk menarik perhatian hal ini juga merupakan cara untuk menyamarkan pengunaan bahan berbahaya dalam komposisi bahan lisptik. 

Sponsors Link

9. Terlalu Awet dan Tahan Lama Saat Di Pakai

Bagi sebagian wanita, termasuk anda mungkin lebih menyukai lipstik yang awet dan tahan lama saat dipakai. Hal ini karena bagu sebagian orang terlalu merepotkan jika harus retouch lipstik berulang-ulang kali dalam sehari. Namun, perhatikan juga bahwa lipstik yang terlalu awet dan tahan lama bisa menjadi indikasi adanya bahan yang berbahaya yang di gunakan. Secara normal paling lama lisptik akan menempel di bibir 5-6 jam. Jika lebih lama dari itu, lipstik anda tetap awet meskipun telah dipakai dalam berbagai aktivitas. Maka sepatutnya anda wajib mewaspadainya.

10. Perhatikan Tanggal Expired

Tanggal kadaluwarsa buka hanya wajib diperhatikan dalam membeli makanan kemasan, tetapi juga anda wajib memperhatikan tanggal kadaluwarsa produk lipstik yang anda gunakan. Lipstik akan sangat berbahaya jika terus digunakan setelah masa kadaluwarsa lewat. Karena itu, selalu perhatikan masa kadaluwarsa produk lipstik anda sebelum membeli atau menggunakannya. Anda juga harus memastikan bahwa anda tidak membeli lipstik yang mendekati masa kadaluwarsa. Karena jika anda tetap membelinya maka akan asa kemungkinan produk menjadi kadaluwarsa selama masa penggunaan. Sehingga tanpa anda sadari anda bisa saja menggunakan produk yang telah kadaluwarsa. Tentu resikonya akan sangat besar dan bisa mengorbankan kesehatan anda.

Nah, para ladys itulah tadi 10 ciri-ciri lipstik yang berbahaya bagi kesehatan. Tentunya semiga informasi yang terkandung dalam artikel ini dapat memberikan manfaat dan tambahan pengetahuan bagi seluruh wanita yang membacanya. Sekali lagi bahwa tampil cantik dan menarik itu memang penting, namun tetap utamakan kesehatan . Karena sesungguhnya cara tempil cantik dan menawan ialah memperhatikan kesehatan itu sendiri. So, jaga kesehatan selalu dan hindari penggunaan lisptik yang membahayakan kesehatan .

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan