Penting! Begini 7 Cara Menghadapi Anak yang Suka Mencuri

19

Semua orangtua sangatlah menginginkan anaknya tumbuh dengan baik, fisik maupun psikologisnya. Orangtua pun akan berusaha dan berupaya memberikan yang terbaik untuknya berupa fasilitas dan pendidikan.

Sekeras apa pun usaha orang tua dalam mendidik anaknya ke hal yang  baik, justru terkadang pengaruh dari lingkungan luar lah yang mengajarkan hal-hal tidak baik, mencuri misalnya.

Apa yang harus dilakukan orang tua dalam cara menghadapi anak yang suka mencuri? Dan yang paling penting adalah orangtua harus tahu tips sabar menghadapi anak kecil yang nakal dan bandel.

1. Ajarkan anak untuk tidak mengambil barang milik orang lain

Anak usia dini umumnya belum paham tentang kepemilikan barang dan apa itu mencuri. Anak mengambil barang orang lain bukan karena keinginannya untuk mencuri dengan sengaja, namun lebih ke perasaan suka. Maka dari itu penting sekali untuk mengajarkan anak untuk tidak mengambil barang milik orang lain.

2. Jelaskan pada anak mengapa mencuri itu tidak baik

Cara mengatasi anak bandel adalah dengan harus diberikan penjelasan dan pemahaman kenapa dia tidak boleh mencuri, kenapa mencuri itu dilarang, kenapa tidak boleh mengambil barang orang lain dan akibat dari mencuri itu sendiri bagi dirinya.

Salah satu tips menjadi ibu yang sukses mendidik anak adalah dengan tidak bosannya memberikan penjelasan, pemahaman dan nasehat kepada anak.

3. Tegas kepada anak yang mencuri

jika anak kedapatan mengambil dan membawa pulang barang orang lain maka orangtua harus bersikap tegas menghadapinya. Mintalah anak untuk mengembalikan barang itu dan meminta maaf kepada pemiliknya karena telah mengambil tanpa izin. Begitu juga dengan cara menghadapi anak didik yang nakal di sekolah.

4. Berikan hukuman yang sepadan

Mencuri bukanlah hal yang bisa dimaklumi dari anak-anak begitu saja. Jika tidak dididik sejak dini maka akan menjadi kebiasaan hingga ia dewasa. Cara mengatasi anak yang nakal tentu saja juga bisa dengan memberikan hukuman kepada anak sebagai pelajaran bagi anak. Pemberian hukuman juga bisa dilakukan untuk cara mengatasi anak yang suka melawan orang tua.

5. Temukan penyebab anak mencuri

Cara menghadapi anak yang suka mencuri berikutnya adalah dengan mencari penyebab kenapa anak mencuri. Dengarkan jawaban anak dan berikan nasehat sesuai jawaban yang diberikan dengan tegas agar ia tidak lagi mengulanginya. Begitu juga hal yang perlu dilakukan dalam cara menghadapi anak nakal.

6. Ajarkan anak untuk membayar barang yang ia ambil di toko

Jika anak mengambil barang yang ada di toko tanpa membayarnya, maka perlu diajarkan kepada anak cara berbelanja. Ajarkan anak untuk membayar barang yang diinginkan di toko, sehingga anak tahu bahwa barang yang ada di toko tidak boleh diambil begitu saja. Tanggung jawab ibu terhadap anak juga kan dalam mengajarkan hal-hal yang baik?

7. Jangan terlalu menahan keinginan anak dan juga jangan terlalu memanjakannya

Di satu sisi kita tidak boleh memanjakan anak dengan selalu memberikan semua apa yang anda inginkan, karena bisa membuat anak menjadi egois dan ingin memiliki semua yang ia mau dengan mengambil barang orang lain.

Sementara di sisi lain, jika terlalu menahan semua keinginan anak, anak pun juga bisa menginginkan apa yang dimiliki anak lain dengan mencurinya dikarenakan keinginan yang menggebu untuk memiliki suatu barang, sementara orang tua pun jarang sekali membelikan barang  yang diinginkan anak.

Dengan 7 cara menghadapi anak yang suka mencuri dan mengambil barang yang bukan kepunyaannya ini, maka diharapkan anak bisa menjadi paham dan tahu mana yang benar dan yang salah. Selain itu, penting sekali mendidik anak dengan cara menjadi ibu teladan yang baik. Simak juga cara mengatasi anak laki-laki yang nakal dan suka berkelahi.