9 Cara Mengatasi Anak yang Nakal dan Tidak Mau Patuh

95

Cara Mengatasi Anak yang NakalSebagai orang dewasa, sering kali kita memaklumi tingkah anak-anak yang nakal dan sulit sekali di atur orang tuanya. Tapi sebagai orang tua, memiliki anak yang nakal dan tidak mau patuh akan membuat kita kewalahan.

Apalagi jika si anak berbuat nakal dan bandel di situasi yang tidak tepat atau malah kenakalannya tetap berlanjut di sekolah dan membuat proses belajarnya tidak lagi efektif. Kalau begitu simak dulu yuk cara mengatasi anak yang nakal agar patuh.

  1. Jangan bosan memberikan nasehat pada anak.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi dan mendidik anak nakal adalah dengan terus menyiram anak dengan nasehat-nasehat. Tapi lakukan dengan penyampaian yang baik agar terserap dengan baik pula. Tidak dengan marah-marah dan melontarkan nasehat dengan keras dan kasar. Untuk itu diperlukan juga cara melatih kesabaran menghadapi anak yang nakal ini.

  1. Jangan mencap anak meskipun ia nakal.

Sering kali orang tua mencap atau melabel anak dengan sebutan ‘anak nakal’ saat sedang marah dan kesal jika anak tidak mau patuh dan mendengar. Hal ini harus dihindari karena justru anak akan mengira kenakalan itu adalah bagian dari dirinya atau karakter yang ia miliki. Dan juga perlu diingat kembali, kata adalah doa. Mencap anak dengan panggilan ‘anak nakal’ sama saja dengan mendoakan anak menjadi anak nakal, bukan?

  1. Jadilah role model yang selalu memberikan contoh yang baik untuk anak.

Jika ingin anak yang nakal berubah menjadi anak yang baik. Mulailah dari sikap kita sendiri yang juga harus memberikan contoh yang baik kepada anak. Faktor utama yang mempengaruhi sikap dan tingkah laku anak adalah lingkungan terdekatnya, yaitu keluarga. Saat anak terus tumbuh dan berkembang, apa yang ia lihat dilingkungannya maka itulah yang akan ia serap. Itulah mengapa sangat penting mendidik anak dengan cara menjadi ibu teladan untuk anak.

  1. Jelaskan akibat menjadi anak nakal beserta contohnya.

Anak yang nakal juga harus diperlihatkan contoh akibat dari kenakalannya. Kita bisa memberikan pelajaran kepada anak dengan mengambil pelajaran dari anak nakal lainnya. Misalnya saat melihat seorang anak terjatuh dan terluka karena terus berlari dan mengabaikan panggilan orang tuanya, hal ini bisa dijadikan contoh dan pelajaran bagi si kecil. Dengan melihat kejadian langsung di depan mata anak akan menjadi contoh nyata bagi si anak. Hal ini juga bisa dilakukan sebagai cara mengatasi anak yang suka melawan orang tua.

  1. Hukum anak dengan cara yang lebih bijak.

Jangan menghukum anak dengan cara kekerasan karena bisa meninggalkan trauma pada anak. Anak juga bisa tumbuh menjadi anak yang keras dan suka membangkang. Saat masih kecil mungkin anak akan diam jika dimarahi dan dihukum dengan keras.

Namun suatu saat seiring ia tumbuh besar, anak menjadi tidak segan melawan orang tua dan melampiaskan kekesalan yang selama ini ia pendam dari kecil ke jalan yang menyimpang. Ciri-ciri ibu yang baik tidak akan bertindak kasar dalam mendidik anak-anaknya.

  1. Selalu bimbing anak untuk menjadi anak yang baik.

Cara mengatasi anak yang nakal berikutnya adalah dengan terus membimbingnya ke arah yang positif. Jangan kesal melihat anak nakal, justru tugas orang tua untuk membimbing anak agar bisa menjadi baik dengan memberikan arahan dan bimbingan dengan cara yang baik pula. Peran ibu dalam psikologi anak usia dini juga bisa membantu membentuk karakter anak menjadi baik. Bisa dibilang ini adalah tips menjadi ibu yang sukses mendidik anak.

  1. Berikan hadiah saat anak mau nurut dan patuh.

Berikan hadiah sebagai penghargaan pada anak agar ia merasa senang. Berkat hadiah-hadiah itu, akan muncul keinginan dalam diri anak untuk berubah menjadi anak yang baik. Ia akan merasakan bahwa melakukan hal baik juga akan memberikan kebaikan untuknya. Memberikan hadiah sebagai penghargaan atas kelakukan baiknya juga merupakan cara menjadi ibu yang baik buat anak

  1. Jangan penuhi keinginan anak jika ia masih saja nakal dan sering mengabaikan orang tua.

Anak-anak pasti banyak maunya dan hal ini bisa dijadikan cara mengatasi anak yang nakal dengan mengajukan persyaratan. Jika si anak menginginkan sesuatu, penuhilah jika si anak mau berjanji tidak lagi nakal dan mau mendengar perkataan orang tua. Dengan begitu, perlahan anak akan terbiasa untuk tidak lagi nakal. Berlaku juga untuk diterapkan pada cara mengatasi anak yang susah diatur.

  1. Terapkan aturan yang jelas dan mendetail pada anak.

Berikan aturan yang jelas dan mendetail pada anak agar anak benar-benar paham dengan apa yang dimaksud dan dikatan orang tua. Terkadang anak memilih bersikap tak acuh karena memang mereka tidak memahaminya. Seperti memberikan batasan bermain kepada anak, jelaskan kepada anak bahwa waktu bermain hanya dibolehkan selama 3 jam saja. Lalu terapkan aturan tersebut dengan tegas dengan memberlakukan sanksi kepada anak jika melanggar. Hal ini juga bisa dilakukan pada cara mengatasi anak remaja yang susah diatur.

Demikianlah 9 cara mengatasi anak nakal yang tidak mau patuh pada orang tuanya. Selain itu orang tua harus tahu tips sabar menghadapi anak kecil yang nakal, bandel dan tidak mau dipatuh.