Sponsors Link

7 Cara Menjadi Ibu Tunggal yang Sukses Membesarkan Anak

Sponsors Link

cara menjadi ibu tunggal

ads

Ibu tunggal atau single parents merupakan sebutan bagi mereka yang menyandang status janda yang kemudian membesarkan anak mereka sendiri. Seorang ibu tunggal biasanya merangkap peran sekaligus menjadi ayah.

Tentunya seorang ibu tunggal memiliki tugas dan tanggung jawab yang amat berat sebagaimana cara menjadi ibu teladan . Sebab mereka harus menjalankan dua peran dalam mendidik dan membesarkan anaknya.

Tentunya menjadi ibu tunggal bukanlah sesuatu yang diharapkan. Namun, hal itu bisa terjadi kepada semua wanita. Menjadi ibu tunggal tentu bukan sesuatu hal yang mudah.

Ada banyak pengorbanan dan kerja keras yang harus dibuat sebagaimana cara menjadi ibu yang dicintai anaknya , bisa jadi anda harus bekerja lebih keras dari wanita kebanyakan. Tentunya menjadi ibu tunggal yang sukses membutuhkan tips dan trik sebagaimana 7 Cara Menjadi Ibu Tunggal yang sukses.

1. Miliki Pekerjaan yang Mapan

Sebagai ibu tunggal anda juga bertanggung jawab dalam hal ekonomi. Yakni andalah tulang punggung keluarga yang akan mencukupi kebutuhan hidup anak dan anda. Tentunya untuk mendapatkan hal ini maka anda paling tidak harus memiliki penghasilan tetap sebagaimana cara menjadi ibu yang baik bagi anak perempuan . Caranya tidak lain adalah dengan memiliki pekerjaan yang mapan, dengan demikian tidak hanya gaji yang besar namun juga karir anda akan moncer.

2. Buat Anak Menghormati Anda

Sebagai ibu tunggal, anda harus mampu memegang peran sekaligus sebagai seorang ayah sebagaimana cara menjadi wanita yang sabar dan penyayang . Tentunya dalam hal ini anak harus menghormati anda sebagai pengganti ayah. Oleh karenanya anda harus menanamkan sikap kepada anak agar mengjormati anda. Sebab, dengan demikian maka anak dan anda akan memiliki ikatan sebagai orang tua.

3. Libatkan Keluarga dan Teman dalam Pengasuhan Anak

Sebagai orang tua tunggal maka tentu anda harus ikut melibatkan keluarga dalam pengasuhan anak. Dengan demikian maka beban anda akan terasa lebih ringan sebagaimana cara sabar menghadapi anak rewel . Selain itu juga anak akan merasa bahwa tanpa sosok ayahpun mereka masih memiliki keluarga yang utuh. Apalagi jika anda memiliki kakak atau adik laki-laki, maka merekalah yang akan bisa mejadi sosok pengganti ayah bagi anak.

4. Hindari Stres dengan Miliki Me Time

Sebagai ibu tunggal terkadang semua rutinitas memicu tingkat stres yang lebih besar. Oleh sebab itu, luangkan waktu me time atau waktu untuk diri sendiri sebagaimana cara melatih kesabaran menghadapi anak  . Agar anda mampu mengelola stres, merawat diri dan menjadi lebih rileks. Anda bisa menitipkan anak untuk diasuh orang tau atau saudara selama anda menikmati me time. 

Sponsors Link

5. Jangan Terlalu Ambisius

Sebagai ibu tunggal, anda tidak boleh terlalu ambisius. Sebab hal ini akan bisa membuat hubungan anda dan anak menjadi renggang. Karena seorang wanita yang ambisius akan lebih mementingkan karir dari pada anak. Tentu saja hal ini sangat buruk bagi seorang ibu tunggal.

6. Atur Rutinitas Harian Dengan Baik

Sebagai ibu tungga tentu anda memiliki rutinitas yang amat padat. Selain harus bekerja anda juga harus merawat anak dan mengurus rumah sebagai tanggung jawab ibu terhadap anak  . Tentu saja hal tersebut amat menyita waktu anda. Oleh sebab itu, anda harus mengelola rutinitas dan waktu harian anda dengan baik sehingga anda dapat menjalankan semua kewajiban dengan baik.

7. Berikan Reward Terhadap Diri Sendiri

Sebagai seorang ibu tunggal tentunya anda harus mengapresiasi kerja keras anda. Oleh karena itu, anda juga harus memberikan reward terhadap diri anda sendiri sebagai ciri-ciri ibu yang baik . Dengan demikian maka anda akan merasa bangga terhadap diri sendiri. Tentu saja hal ini sangat baik untu meningkatkan kepercayaan diri anda meskipun sebagai seorang ibu tunggal.

7 Cara Menjadi Ibu Tunggal yang sukses. Tentunya dapat menjadi panduan bagi anda yang sedang menjalani situasi yang sama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Parenting