Sponsors Link

7 Cara Menjadi Ibu Yang Sholehah dan Pengertian

Sponsors Link

cara menjadi ibu yang sholehah

ads

Menjadi ibu adalah anugerah terbesar bagi setiap wanita. Hal inilah yang kemudian dianggap sebagai gelar paling sempurna bagi semua wanita. Menjadi istri sekaligus ibu merupakan bagian penting dari perjalanan hidup setiap wanita sebagaimana cara menjadi ibu teladan . Tentu untuk mencapainya dibutuhkan sebuah proses, pengorbanan dan perjuangan.

Sosok ibu ideal memiliki korelasi dengan sosok istri sholehah yang sekaligus menjadi ibu sholeha. Kepribadian yang dimiliki istri sholehah pasti akan membuatnya menjadi ibu sholehah seperti cara menjadi ibu yang dicintai anaknya . Tentunya, untuk menjadi ibu yang sholehah anda harus memiliki beberapa kriteria yang akan dirangkum dalam 7 Cara Menjadi Ibu Yang Sholehah idaman keluarga.

1. Miliki Sikap Sabar 

Sabar merupakan salah satu sikap yang harus dimiliki oleh seorang ibu yang sholehah. Sebab kesabaran ini merupakan langkah untuk bisa menjadi pondasi dalam merawat anak sebagaimana cara menjadi ibu yang baik bagi anak perempuan . Sikap sabar yang dimiliki ibu akan membuat kenyamanan bagi anak. Sehingga anak dapat berkembang dan tumbuh dengan aktif tanpa takut omelan dan dimarahi sang ibu.

2. Tidak Telat Melaksanakan Ibadah Wajib

Ibadah merupakan cerminan bagaimana kedekatan seseorang dengan sang pencipta. Ibu yang sholeh akan selalu mengutamakan ibadah, sebab baginya ibadah juga merupakan bagian dari bagaimana mencontohkan nilai agama yang baik bagi anak seperti cara menjadi wanita sabar dan penyayang . Nilai inilah yang tentunya akan selalu ada dan melekat kepada seorang ibu sholehah.

3. Memberi Pengasuhan Anak Sesuai dengan Anjuran Agama

Agama merupakan sebuah sistem kepercayaan yang didalamnya telah mengatur semua tatanan sistem kehidupan manusia. Terutama dalam mengajarkan nilai bagaimana membesarkan dan merawat anak dengan baik sebagaimana cara sabar menghadapi anak rewel . Oleh karena itu, seorang ibu sholehah akan selalu berlandaskan agama dalam mendidik dan mengajarkan anaknya. Sebab nilai inilah yang nantinya akan membuat anak mampu membedakan hal yang baik dan benar.

Sponsors Link

4. Menyajikan Hanya Makanan yang Halal dan Sehat

Ibu yang sholehah hanya akan menyajikan makanan yang sehat dan baik serta halal untuk dimana anak dan keluarganya. Sebab mereka yakin apa yang dikonsumsi akan dapat mempengaruhi pola pikir seseorang. Karena itu,  seorang ibu sholelah yakin bahwa dengan hanya memberikan makanan yang halal dan baik akan bisa membawa kebaikan bagi anak dan keluarga.

5. Menanamkan Nilai Agama Sejak Dini pada Anak

Agama merupakan nilai yang memberikan batasan mengenai apa yang baik dan buruk, apa yang harusnya dilakukan dan tidak. Nilai ini tidak serta merta dapat didapatkan sebagaimana cara melatih kesabaran menghadapi anak rewel  . Dengan menanamkan nilai agama sejak dini pada anak, seorang ibu sedang meniti jalannya menjadi ibu sholehah. Nilai religius yang sudah tertanam di benak anak akan menjadi pagar dan pembatas tentang apa dan bagaimana ia harus hidup dan bosa ia lakukan dalam hidup.

Sponsors Link

6. Mengajarkan Nilai Kebaikan 

Tidak banyak masyarakat zaman sekarang uang perduli akan nilai kebaikan. Apalagi di zaman modern dan cenderung kepada individualisme, nilai kebaikan mulai tergerus seiring dengan modernitas. Tentunya ini menjadi sebuah tantangan bagi mereka yang ingin menjadi ibu sholehah sebagai tanggung jawab ibu terhadap anak . Sebab, ibu yang sholehah akan selalu berusaha menanamkan nilai kebaikan bagi anak. Sehingga kelak sang anak akan tumbuh menjadi pribadi yang peduli akan lingkungan sosial dan peka terhadap keadaan sekitar.

7. Berprilaku Selayaknya Wanita Sholehah

Ibu sholehah dan wanita sholehah memiliki korelasi yang sama sebagai ciri-ciri ibu yang baik . Dalam hal ini, wanita sholehah sudah pasti akan menjadi ibu yang sholehah. Oleh sebab itu, sebelum melakukan langkah yang lebih jauh, maka jadikanlah dahulu diri anda kedalam golongan wanita sholehah. Sehingga secara otomatis maka anda akan bisa menjadi inu yang sholehah.

7 Cara Menjadi Ibu Yang Sholehah idaman keluarga. Tentunya akan menjadi pedoman khusus sehingga menumbuhkan semangat bagi anda untuk bisa menjadi ibuyang sholehah bagi anak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan pembelajaran.

, , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Parenting