Inilah 7 Manfaat Kubis Ungu Bagi Kesehatan Wanita Jarang di Ketahui

129

Kubis ungu, juga disebut sebagai kubis merah, milik kelompok tanaman Brassica. Kelompok ini termasuk sayuran padat nutrisi, seperti brokoli, kubis Brussel, dan kangkung. Rasanya mirip dengan kol hijau.

Namun, varietas ungu lebih kaya dalam senyawa tanaman bermanfaat yang telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan, seperti tulang yang lebih kuat dan jantung yang lebih sehat.

Kubis ungu juga dianggap dapat mengurangi peradangan dan melindungi dari beberapa penyakit kanker. Selain itu, kubis merupakan sayuran yang sangat serbaguna yang dapat dinikmati baik mentah, dimasak, atau difermentasi dan ditambahkan ke berbagai hidangan. Berikut adalah 8 manfaat kesehatan yang jarang diketahui dari kubis ungu, mari kita simak satu per satu yuk ladies :

1. Mempunyai Kandungan Antioksidan yang Kuat

Kubis ungu adalah sumber antioksidan seperti pada manfaat infuse water lemon untuk kesehatan, manfaat minum jus kubis bagi kesehatan dan beberapa buah lain. Antioksidannya termasuk vitamin C, karotenoid, dan antioksidan flavonoid , seperti anthocyanin dan kaempferol. Bahkan, sering mengandung jumlah yang lebih tinggi daripada kubis hijau.

Sebagai contoh, penelitian menunjukkan bahwa tingkat antioksidan dalam kol ungu sekitar 4,5 kali lebih tinggi daripada yang ditemukan dalam varietas kol hijau.

Terlebih lagi, kol ungu adalah salah satu makanan yang menawarkan tingkat antioksidan tertinggi per unit biaya.

Ini juga merupakan sumber sulforaphane yang baik , senyawa yang kaya akan belerang yang dihubungkan dengan manfaat kesehatan jantung yang kuat dan sifat melawan kanker.

3. Membantu Melawan Peradangan

Kubis ungu dapat membantu melawan peradangan , yang diduga berkontribusi terhadap banyak penyakit.

Satu penelitian tabung reaksi menggunakan model buatan usus manusia menemukan bahwa varietas tertentu dari kol ungu mengurangi tanda peradangan usus sebesar 22-40%.

Penelitian pada hewan melaporkan bahwa sulforaphane, senyawa sulfur bermanfaat yang ditemukan dalam banyak sayuran, mungkin perlu berterima kasih atas efek anti-inflamasinya.

Selain itu, daun kubis tampaknya mengurangi nyeri payudara, pembengkakan, dan peradangan karena meningkatnya suplai ASI dan aliran darah selama periode postpartum awal.

5. Menguatkan Tulang

Kubis ungu mengandung beberapa nutrisi bermanfaat tulang, termasuk vitamin C dan K, serta sejumlah kecil kalsium, mangan, dan seng.

Kubis ungu juga kaya vitamin K1, menawarkan sedikit lebih dari seperempat DV per cangkir. Vitamin K1 banyak ditemukan dalam makanan nabati, seperti sayuran berdaun hijau dan sayuran silangan. Ini membedakannya dari vitamin K2, yang ditemukan dalam produk hewani dan makanan fermentasi.

Ada bukti bahwa kedua bentuk vitamin K berperan dalam mempertahankan tulang yang kuat dan sehat.

6. Dapat Melindungi Terhadap Kanker Tertentu

Kubis ungu dapat membantu melindungi terhadap jenis kanker tertentu yang biasanya ditandai gejala seperti ciri gejala kanker serviks, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia.

Para ahli percaya ini mungkin karena mengandung sulforaphane dan anthocyanin dua senyawa yang diteliti untuk sifat melawan kanker seperti pada bahan alami untuk mengobati kanker serviks.

7. Dapat Meningkatkan Kesehatan Usus

Kubis ungu dapat meningkatkan fungsi usus Anda. Ada bukti bahwa kol dapat menurunkan peradangan di usus dan mengurangi mucositis usus – suatu kondisi di mana lesi berkembang di usus, seringkali sebagai efek samping dari pengobatan kanker.

Kubis juga merupakan sumber serat yang baik , yang menjaga usus Anda tetap sehat dan membantu mencerna makanan dengan lebih mudah. Serat tidak larut membentuk sekitar 70% dari serat dalam kubis.

Ini menambah jumlah besar pada tinja dan membantu makanan bergerak lebih mudah melalui usus Anda, mengurangi risiko sembelit.

30% sisanya adalah serat larut, yang menyediakan makanan bagi bakteri menguntungkan yang hidup di usus Anda. Pada gilirannya, bakteri ramah ini menghasilkan asam lemak rantai pendek (SCFA), seperti asetat, butirat, dan propionat, yang memberi makan sel-sel usus.

8. Mudah ditambahkan ke Dalam Menu Diet

Kubis ungu adalah sayuran yang sangat serbaguna. Anda bisa memakannya mentah atau dimasak. Misalnya, dapat dikukus dan digunakan untuk membuat isian pangsit, atau direbus dengan anggur merah, cuka, apel, wortel, dan bit untuk lauk yang beraroma.

Kubis ungu juga bisa dipanggang atau ditumis dengan daging atau kacang, atau bisa diparut dan digunakan sebagai hiasan kaya nutrisi untuk sup, salad, dan lalapan.