Moms Inilah 7 Manfaat Sauerkraut Bagi Kesehatan yang Mengejutkan !

10

Diperkirakan berasal dari China lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Saat itu, fermentasi adalah salah satu metode yang digunakan untuk menjaga agar makanan tidak cepat rusak dan salah satu makanan yang difermentasi selain yogurt beserta manfaat kesehatan dari minum yogurt ada sauerkraut.

Karena fermentasi yang dialaminya, sauerkraut menawarkan manfaat nutrisi dan kesehatan yang jauh melebihi kubis segar, berikut ini adalah manfaat sauerkraut bagi kesehatan, mari kita simak satu per satu ladies :

1. Sauerkraut Sangat Bergizi

Sauerkraut mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan yang optimal. Fermentasi Sauerkraut adalah proses mikroorganisme pada kol mencerna gula alami dan mengubahnya menjadi karbon dioksida dan asam organik.

Fermentasi dimulai ketika ragi dan bakteri yang secara alami ada pada kubis, tangan dan udara Anda bersentuhan dengan gula di dalam kol. Fermentasi Sauerkraut menciptakan kondisi yang mendorong pertumbuhan probiotik yang bermanfaat, yang juga ditemukan dalam produk-produk seperti yogurt dan kefir.

Probiotik adalah bakteri yang memberikan manfaat kesehatan yang kuat. Mereka juga membantu membuat makanan lebih mudah dicerna, yang meningkatkan kemampuan usus untuk menyerap vitamin dan mineral yang dikandungnya.

2. Meningkatkan Pencernaan Anda

Usus mengandung lebih dari 100 triliun mikroorganisme atau “flora usus,” yang lebih dari 10 kali jumlah total sel dalam tubuh anda. Sauerkraut mengandung probiotik , yang merupakan bakteri menguntungkan yang bertindak sebagai garis pertahanan pertama melawan racun dan bakteri berbahaya. Mereka juga dapat meningkatkan pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan layaknya manfaat jahe, manfaat kunyit dan lain lain.

Probiotik seperti dalam sauerkraut dapat membantu meningkatkan keseimbangan bakteri dalam usus Anda setelah itu terganggu oleh penggunaan antibiotik. Ini dapat membantu mengurangi atau mencegah diare yang dipicu oleh antibiotik.

Penelitian juga menunjukkan bahwa probiotik membantu mengurangi gas, kembung, sembelit, diare dan lain-lain.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda

Sauerkraut adalah sumber yang kaya akan probiotik dan nutrisi penambah kekebalan tubuh. Bakteri yang mengisi usus Anda dapat memiliki pengaruh kuat pada sistem kekebalan tubuh Anda. Probiotik yang ditemukan dalam sauerkraut membantu meningkatkan keseimbangan bakteri dalam usus Anda, yang menjaga usus tetap sehat.

Selain itu, secara teratur mengonsumsi makanan kaya probiotik seperti asinan kubis dapat mengurangi risiko Anda terkena infeksi seperti pilek selain tips mengobati flu secara alami dan infeksi saluran kemih.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi sauerkraut secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan selain dengan resep minuman detoks untuk menurunkan berat badan ataupun  tips diet ala kylie jenner.

Itu sebagian karena sauerkraut, seperti kebanyakan sayuran, rendah kalori dan tinggi serat. Diet tinggi serat membuat Anda kenyang lebih lama, yang dapat membantu Anda secara alami mengurangi jumlah kalori yang anda makan setiap hari.

5. Membantu Mengurangi Stres Dan Menjaga Kesehatan Otak

Makanan fermentasi, kaya probiotik seperti sauerkraut berkontribusi pada penciptaan flora usus yang sehat, yang menurut penelitian dapat membantu mengurangi stres dan menjaga kesehatan otak. Probiotik telah terbukti dapat membantu meningkatkan daya ingat dan menurunkan gejala kecemasan, depresi, autisme dan bahkan gangguan obsesif-kompulsif (OCD).

Sauerkraut juga dapat menjaga kesehatan otak dengan meningkatkan penyerapan mineral pengatur suasana hati, termasuk magnesium dan seng.

6. Mengurangi Resiko Kanker Tertentu

Kubis, bahan utama dalam sauerkraut, mengandung antioksidan dan senyawa tanaman bermanfaat lainnya yang dapat membantu mengurangi risiko kanker tertentu. Para peneliti percaya senyawa ini dapat membantu mengurangi kerusakan DNA, mencegah mutasi sel dan menghambat pertumbuhan sel berlebihan yang biasanya mengarah pada perkembangan tumor.

Proses fermentasi kubis juga dapat membuat senyawa tanaman tertentu yang dianggap membantu menghancurkan sel-sel prakanker. Dua penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa jus kubis dan asinan kubis dapat membantu mencegah kanker berkembang dengan mengurangi produksi enzim pengaktif karsinogen ini, seperti pada manfaat ataupun manfaat.

7. Baik untuk Kesehatan Jantung

Sauerkraut dapat berkontribusi untuk jantung yang lebih sehat. Itu karena mengandung jumlah serat dan probiotik yang baik, yang keduanya dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Probiotik seperti yang ditemukan dalam asinan kubis juga dapat membantu menurunkan tekanan darah sedikit.