Sponsors Link

16 Syarat Menjadi Ibu Persit Penting Kalian Tahu

Sponsors Link

syarat menjadi ibu persitTanpa kita sadari, ternyata ada banyak syarat menjadi ibu persit, loh. Mungkin selama ini kita menganganggap kalau hal itu mudah-mudah saja dan tidak perlu memenuhi syarat tertentu. Anda harus tahu cara menjadi wanita tanggguh yang akan mendampingi suami Anda dalam suka dan duka menjadi prajurit TNI.

ads

Nah, sebenarnya, apa saja, sih syarat menjadi ibu persit? Baiklah, akan kita bahas di artikel ini. Simak baik-baik, ya. Siapa tahu Anda suatu saat bisa menjadi ibu persit.

1. Surat Permohonan Izin Nikah

Surat ini biasanya diurus oleh calon suami yang menjadi anggota TNI tersebut. Surat ini harus ditandatangani oleh kompi, loh. Adapun jumlah surat yang perlu dikumpulkan adalah sebanyak sepuluh lembar. Perhatikan baik-baik, ya. Jangan sampai syarat ini Anda lupakan.

2. Surat Kesanggupan Anda

Selain surat permohonan izin nikah, Anda juga harus mempersiapkan surat kesanggupan Anda. Surat ini harus diketahui oleh aparat desa setempat yang ditandatangi beserta dengan materai 6000. Tidak terlalu sulit untuk dilakukan, bukan?

Pastikan juga Anda sudah sanggup dalam menjalankan tugas sebagai istri TNI. Serta Anda harus tahu cara melatih mental anak agar berani seperti ayahnya nanti. Ini harus Anda pikirkan baik-baik.

3. Surat Keterangan Menetap Orang Tua

Nah, ini juga diperlukan. Harus ada surat keterangan menetap orang tua Anda alias calon istri anggota TNI. Surat ini harus diketahui oleh aparat desa dimana orang tua atau wali Anda tinggal. Nah, jangan sampai lupakan hal ini, ya.

4. Surat Persetujuan Orang Tua

Nah, diperlukan juga surat persetujuan orang tua Anda jika Anda mau menjadi ibu persit. Kalau tidak memungkinkan, maka bisa digantikan oleh wali Anda. Surat ini harus sepengetahuan aparat desa tempat domisili orang tua atau wali Anda. Jangan lupa membubuhkan tanda tangan orang tua atau wali Anda, ya.

Pastikan juga Anda sudah tahu cara menjadi istri dan menantu idaman mertua Anda. Hal ini agar keluarga baru Anda bisa menjadi bahagia dunia dan akherat. Pastikan Anda bisa menjadi sosok dan pribadi yang lebih baik lagi.

5. Dokumen N2

Kali ini, dokumen ini berguna untuk mengetahui asal-usul Anda dan orang tua Anda yang tentunya harus diketahui oleh aparat desa setempat.

Sponsors Link

6. Surat Bentuk Sampul D

Bagaimana cara mendapatkan surat ini? Surat ini didapatkan dengan menghadap koramil atau kodim yang berada di domisili Anda. Apa saja isinya? Surat ke Pasi Intel, Surat yang untuk Komandan Kodim, Surat untuk Danramil, Surat untuk Pasi Ter.

Untuk apa surat ini dibuat? Untuk mencari tahu apakah  Anda atau orang tua Anda pernah mengikuti organisasi yang melanggar persatuan dan kesatuan NKRI atau tidak. Ini untuk memastikan keamanan latar belakang dan masa lalu Anda beserta orang tua Anda.

Oleh karena itu, pastikan Anda sudah tahu beberapa cara menjadi calon istri yang baik untuk suami Anda kelak. Agar Anda bisa menuntun keluarga Anda menjadi keluarga yang senantiasa patuh dengan hukum dan agama.

7. Dokumen N1

Dokumen N1 ini berguna untuk menyatakan surat akan menikah yang harus dibubuhi tanda tangan orang tua dan Anda. Dan seperti biasa, diketahui oleh aparat desa.

Memang ada beberapa alasan pria cepat menikah. Hal ini tentu harus diketahui baik-baik. Apakah menikah karena sudah ingin atau ada apa-apa. Tentu bukan hal main-main jika harus menikah dengan seorang TNI.

ads

8. Surat Pernyataan Anda untuk Calon Suami

Anda juga perlu membuat surat pernyataan kepada calon suami Anda yang merupakan anggota TNI. Surat ini harus diketahui oleh aparat desa setempat. Anda  tentu harus mempelajari mengenai cara menjadi istri setia yang akan mendampingi suami Anda dalam keadaan apapun. Termasuk situasi berangkat perang. Pastikan Anda sudah persiapkan mental Anda.

9. SKCK Anda dan Orang Tua

Salah satu syarat menjadi ibu persit adalah harus membuat SKCK diri Anda beserta orang tua Anda. Hal ini tentu diperlukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. Wah, ternyata menjadi ibu persit tidak sepele ya persyaratannya.

10. Dokumen N4

Dokumen ini berisi pernyataan tentang orang tua Anda yang harus diketahui oleh aparat desa disana. Jadi, jangan lewatkan hal ini, ya.

11. Ijazah Pendidikan Terakhir Anda

Salah satu syarat menjadi ibu persit yang harus Anda penuhi lagi adalah ijazah pendidikan terakhir Anda. Nah, tentu ijazah adalah benda berharga. Anda pasti menyimpannya di tempat yang aman dan kecil kemungkinan jika itu hilang.

Jadi, pastikan Anda sudah tahu bagaimana tips menjadi wanita yang cerdas dan pintar untuk mendampingin suami Anda yang TNI. Anda harus memiliki wawasan yang luas untuk bergaul dengan ibu persit lainnya.

12. Akta Kelahiran Anda dan Calon Suami

Nah, jangan lupa juga untuk menyiapkan akta kelahiran Anda dan calon suami. Hal ini tentu untuk memperkuat dokumentasi mengenai kalian berdua. Menjadi ibu persit memang bukan hal yang main-main ya.

13. Fotokopi KTP Anda beserta Orang Tua

Jangan lupa untuk memfoto kopi KTP Anda dan orang tua Anda. Hal ini ternyata juga diperlukan untuk memenuhi syarat menjadi ibu persit. Jangan sampai kelupaan, ya.

14. Pas Foto Anda

Pas foto yang diperlukan adalah berukuran 4 x 6 sebanyak 5 lembar. Di pas foto tersebut, Anda harus mengenakan pakaian persit. Nah, jangan lupa untuk persiapkan hal ini, ya. Catat semua persyaratannya baik-baik.Pastikan Anda sudah tahu cara menjadi wanita yang bersih agar tidak ada jerawat yang menganggu ketika Andaharus berfoto.

15. Pas Foto Gandeng

Yups, ini juga diperlukan untuk menjadi ibu persit. Di pas foto tersebut, Anda harus menggunakan pakaian persit dan calon suami memakai PDH tanpa lencana. Latarnya biru dan diperlukan sebanyak 12 lembar dengan ukuran 6 x 9.

16. Surat Keterangan Belum Menikah

Dan yang terakhir, diperlukan surat keterangan belum menikah yang harus diketahui oleh aparat desa dan KUA setempat.

Ya, itulah ternyata beberapa syarat menjadi ibu persit. Tidak rumit juga, bukan? Tapi Anda tetap perlu menyiapkan semua dokumen yang diperlukan. Latar belakang Anda harus jelas dan pastikan tidak pernah berbuat hal-hal yang melanggar hukum.

Anda harus tahu cara menjadi wanita keibuan yang akan diidamkan oleh seorang TNI jika Anda punya impian untuk menjadi salah satu ibu persit. Tentu juga Anda harus mengikuti beberapa kegiatan yang ada. Jadi, pastikan Anda sudah siap.

Baiklah, sekian dulu pembahasan kita mengenai syarat menjadi ibu persit. Semoga Anda bisa memenuhi syarat dengan baik dan juga bisa bahagia dengan anggota TNI yang menjadi calon suami Anda.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Karir dan Pekerjaan