Bunda, Yuk Ketahui 4 Tanda Anak Terkena Penyakit Cacingan Ini !

54

Kesehatan anak merupakan urusan nomer satu yang perlu diperhatikan orang tua. Mengetahui anak-anak umumnya rentan sekali terkena berbagai macam penyakit mulai dari penyakit kecil hingga penyakit serius yang sangat berbahaya. Salah satu contoh penyakit yang sering sekali anak-anak alami yaitu cacingan.

Cacingan merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh masalah kebersihan pada makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh anak anda. Karena itu penting sekali sebagai orang tua untuk selalu memonitor makanan dan minuman yang dikonsumsi didalam maupun diluar rumah.

Karena kalau tidak anak anda akan berpotensi untuk terkena penyakit cacingan yang membuat anda khawatir. Mulai sekarang penting untuk memperhatikan tanda-tanda cacingan pada anak anda sedari dini sebelum semakin parah.

Oleh karena itu, berikut ini kami memberikan beberapa tanda-tanda anak terkena penyakit cacingan yang dapat bunda waspadai :

1. Mengalami Sakit Perut

Tanda pertama yaitu anak anda sering mengeluh mengalami sakit perut. Jika sakit perut tersebut hanya terjadi satu dua kali bunda mungkin dapat mengatasi dengan cara mengatasi anak sakit perut.

Namun, apabila sakit perut terjadi berulang kali. Hal tersebut merupakan tanda bahwa anak anda berpotensi terkena penyakit cacingan. Sakit perut yang dialami oleh anak dapat disebabkan oleh infeksi cacing yang menyebabkan sakit perut yang berulang-ulang oleh si kecil.

Karena itu apabila anak anda anda sering mengeluh sakit perut kemungkinan besar anak anda mengalami penyakit cacingan.

2. Nafsu Makan Menurun

Tanda selanjutnya yang dialami anak ketika terkena penyakit cacingan yaitu nafsu yang makan berkurang drastis. Anak-anak yang terkena cacingan umumnya mengalami gejala seperti nafsu makan yang menurun sehingga berpengaruh pada berat badan anak yang juga mengalami penurunan.

Sehingga badan anak anda akan semakin kurus. Hal tersebut dikarenakan ketika anak anda terkena penyakit cacingan, infeksi cacing menyerap zat nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak anda. Oleh karena itu, bunda dapat mengembalikan nafsu makan anak dengan beberapa  tips meningkatkan nafsu makan anak secara alami.

3. Gatal dibagian Anus

Selain beberapa tanda diatas, salah satu tanda anak mengalami penyakit cacingan yaitu anak terus menerus mengalami gatal dibagian anus. Gatal tersebut diakibatkan oleh infeksi yang menyerang dibagian anus anak.

Gatal-gatal tersebut akan bertambah intensitasnya terutama di malam hari atau di pagi hari. Penting untuk bunda segera melakukan penanganan agar tidak terjadi iritasi pada sikecil.

4. Mengalami Gangguan Tidur

Tanda terakhir yang dialami anak anda ketika mengalami penyakit cacingan adalah mengalami gangguan tidur. Gangguan tidur tersebut berkaitan dengan berbagai gejala penyakit cacingan lainnya seperti sakit perut dan gatal dibagian anus sikecil yang menyebabkan anak susah tidur.

Jika anak terus menerus mengalami berbagai gejala penyakit cacingan tersebut sehingga menimbulkan ketidaknyaman penting untuk segera mengobati anak dengan cara mengatasi anak cacingan dan langkah selanjutnya yaitu membawa anak anda kedokter sehingga dapat segera disembuhkan.

Demikian merupakan informasi mengenai tanda-tanda anak terkena penyakit cacingan yang perlu bunda ketahui. Kesehatan anak merupakan hal utama yang perlu bunda perhatikan.

karena apabila orang tua tidak berhati-hati dalam menjaga kebersihan makanan dan minuman untuk anak akan menyebabkan anak terkena penyakit cacingan. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengawasi makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh anak anda.

Semoga informasi diatas bermanfaat dan dapat dimanfaatkan dengan bijak untuk kesehatan andak anda.