Sponsors Link

8 Tips Memakai Sepatu Hak Tinggi agar Tetap Nyaman

Sponsors Link

Bagi sebagian perempuan, memakai high heels merupakan ciri-ciri perempuan cerdas di masa kini. Selain meningkatkan rasa percaya diri, kecerdasan intelektual juga terlihat bagi wanita yang memperhatikan penampilannya. Tak hanya itu, mengoleksi sepatu hak tinggi juga termasuk sebagai investasi terbaik untuk masa depan bagi sebagian orang sehingga tak jarang banyak wanita berbondong-bondong mengoleksi sepatu jenis ini. Namun, permasalahannya adalah dampak negatif memakai high heels bagi kesehatan tulang menghantui para wanita.

ads

Hal ini seakan menjadi dilema layaknya permasalahan sebaiknya tidur pakai bra atau tidak karena penggunaan sepatu hak tinggi mungkin telah menjadi bagian dari dalam diri seseorang. Para wanita biasanya tidak sadar bahaya-bahaya sepele yang menimbulkan efek pada kesehatan. Contohnya adalah bahaya tidur sehabis makan bagi wanita atau bahaya air es bagi wanita haid.

Lalu untuk pemakaian sepatu hak tinggi ini, apa yang harus diperhatikan? Simak  tips memakai sepatu hak tinggi, berikut ini :

  1. Ukuran sesuai

Pastikan kamu mengukur kakimu sesuai, tak hanya ukuran panjang namun juga ukuran lebar kakimu. Biasanya pengukuran yang bak adalah saat menjelang malam hari dengan posisi berdiri.

  1. Pilih heels atau hak yang tebal

Memilih hak yang lebar atau tebal akan membantu mengatasi tumpuan beban pada kaki. Hal ini akan membuat kaki terlihat lebih stabil dalam menopang tubuh anda sehingga lebih meminimalisir bahaya bagi kesehatan tulang.

  1. Ujung sepatu lebar

Jika anda penyuka sepatu dengan ujung yang runcing, mungkin anda harus mengurangi pemakaian sepatu dengan jenis itu. Tips memakai sepatu hak tinggi yang baik adalah dengan mencari sepatu yang memiliki ujung lebih lebar, hal ini dilakukan untuk memberikan ruang bagi ujung-ujung kaki anda. Karena dampak negatif sepatu hak tinggi sama bahayanya dengan bahaya asap rokok bagi wanita.

  1. Bahan yang lembut

Pilihlah bahan sepatu yang lembut, jangan biasakan menggunakan sepatu hak tinggi berbahan dasar kulit yang kaku untuk meningkatkan rasa nyaman pada kaki anda.

  1. Gunakan bantalan kaki

Gunakanlah silikon metatarsal yang empuk yang kini sudah banyak beredar di pasaran. Benda ini dapat digunakan di selipan bagian depan kaki dan mampu menyerap guncangan.

  1. Pilih sepatu dengan ujung terbuka

Memilih sepatu dengan ujung yang lebih terbuka akan membantu anda mengurangi tekanan di ujung telapak kaki yang biasanya anda alami. Sama dengan bahaya mengangkat berat bagi wanita, penggunaan sepatu yang tertutup akan menimbulkan bahaya tersendiri bagi sendi-sendi dan otot kaki.

Sponsors Link

  1. Perhatikan kemiringan sepatu

Sepatu yang tingginya >7cm sudah pasti akan memiliki sudut kemiringan yang menukik ke bawah. Untuk menghindari efek memakai sepatu hak tinggi yang buruk maka usahakan memilih sepatu yang memiliki kemiringan bertahap untuk menghindari rasa nyeri pada kaki anda.

  1. Minimalisir penggunaan sepatu

Tentunya menggunakan sepatu dengan tinggi <5cm akan lebih nyaman di kaki, hal ini disetujui oleh para ahli kesehatan. Namun, tentu saja penggunaannya harus tetap diminimalisir. Usahakan pemilihan sepatu disenadakan dengan model baju kekinian.

Selain 8 tips memakai sepatu hak tinggi diatas, ada pula trik memakai sepatu hak tinggi yang penting kamu ketahui jika sudah terlanjur mempunyai sepatu-sepatu yang membahayakan diri, namun sayang untuk dibuang atau dijual karena berbagai alasan, yuk simak triknya berikut ini :

  1. Rekatkan jari telunjuk dan jari tengah kaki dengan solasi untuk mengindari kram pada tumit karena cara ini akan membuat ruang untuk jari lainnya dan terhindar dari kram.
  2. Gunakan roll deodorant pada tepi hingga ke bagian dalam sepatu untuk menghindari lecet pada kaki saat pemakaian terlalu lama serta memudahkan kakimu masuk ke sepatu.
  3. Letakkan es batu yang dibungkus plastik dan simpan di dalam freezer untuk membuat sepatu longgar
  4. Ketika sudah memakai heels terlalu lama, jangan langsung menggunakan sepatu flat.

Itulah 4 trik dan 8 tips memakai sepatu hak tinggi yang perlu kamu ketahui agar terhindar dari rasa sakit pada bagian kaki atau tubuh lainnya. Tentu saja selain menghindari penggunaan sepatu hak tinggi yang berlebihan, olahraga yang baik untuk wanita juga perlu diperhatikan. Semoga berhasil!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick