8 Cara Mengatasi Anak ADHD Paling Efektif

89

ADHD merupakan  gangguan yang diakibatkan oleh perkembangan aktivitas motorik yang menyebabkan anak menjadi hiperaktif.

Mengasuh anak adhd memang tidaklah mudah, perlu tenaga extra, bukan? memang peran ibu dalam psikologi anak usia dini sangat penting di tanamkan sejak mereka kecil hal tersebut juga merupakan ciri- ciri ibu yang baik untuk anaknya.

Anak adhd memiliki gangguan pada pikirannya atau bisa dikatakan tidak bisa berada dalam satu waktu tertentu dan cepat merasa bosan. Buat para ibu pasti mengalami kesulitan dalam menangani anak adhd, bagaimana cara mengatasi anak adhd? Simak ulasan berikut

Cara Mengatasi Anak Adhd

  1. Mendengarkan Dan Memahami Apa Yang Anak Bicarakan

Ciri ciri ibu yang baik untuk anaknya adalah mampu mendengarkan keluh kesah dan cerita sang buah hati. Buat bunda, untuk mengatasi anak adhd memang perlu konsentrasi ekstra, maka dengarkan dan mencoba memahami apa yang anak adhd katakan, agar mereka mampu dan mengerti bahwa masih ada orang yang peduli dengannya.

2. Mengajak nya Untuk Membuat Aturan dan Jadwal

Melibatkan anak untuk membuat aturan dan jadwal nya sendiri akan membuat dia konsisten dengan apa yang sudah dia katakan. Mengajak nya diskusi tentang apa saja yang harus dilakukan akan membuat dia memahami apa yang harus dia pertanggung jawab kan.

Memang cara menjadi ibu yang baik untuk anak tidaklah mudah, butuh beberapa tips menjadi ibu yang sukses mendidik anak

3. Tunjukan Rasa Sayang Ibu Terhadap Anak

Semua ibu pasti sangat sayang kepada anaknya, maka tunjukkan rasa sayang ibu pada anak adhd, mereka akan merasa nyaman karena masih ada orang yang peduli dan sayang kepadanya. Itulah salah satu tanggung jawab ibu terhadap anaknya, semangat buat para ibu yang sedang menghadapi anak adhd

4. Mengajak nya Bermain Untuk Meningkatkan Konsentrasi

Jaklah anak bermain yang bisa meningkatkan konsentrasi mereka seperti permainan bolabasket maupun permainan lainnya yang bisa membuat anak konsentrasi penuh dalam berpikir nantinya.

5. Membantu Mereka Menggali Kelebihan dan Bakat

Peran ibu dalam psikologi anak usia dini salah satunya menumbuhkan dan membantu menggali bakat dan kelebihan anak terseut, karena sebenarnya anak adhd memiliki kecerdasan yang beda dengan anak lainnya, anak adhd memiliki keistimewaan sendiri, meskipun dia sangat hiperaktif.

6. Jangan Pernah Menuntut Anak Seperti Yang Ibu Mau

Jangan pernah menuntut anak adhd jadi seperti apa yang ibu mau, mereka punya sisi kecerdasan sendiri dan memiliki bakat sendiri, jadi biarkan mereka menekuni apa yang jadi kelebihannya, anda hanya membantu mengarahkan kelebihan dan bakat anak saja.

7. Beri Penjelasan Tentang Kondisi Anak

Saat anak sudah mengerti tentang dirinya, ibu harus mengatakan yang sebenarnya bahwa dia beda dengan yang lainnya, pastikan anda menjelaskan tentang kondisi psikis nya agar anak mengetahui kekurangan nya dan mampu mengendalikannya.

8. Konsultasikan Masalah Anak Adhd pada Psikolog

Jika dirasa seorang ibu tidak mampu mengenalkan kondisi anaknya atau seorang ibu belum bisa mengendalikan salah satu sifat anak adhd, bisa konsultasi kan masalah anda dengan seorang psikolog anak yang nantinya akan membantu anda mengatasi masalah tersebut.

Nah itu dia 8 cara mengatasi anak adhd yang wajib seorang ibu tau. Memang, tanggung jawab ibu terhadap anaknya tidak mudah, tapi yakin lah bahwa anda adalah perempuan yang tangguh dalam mendampingi anak dan menjadi istri idaman pria. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.