Begini Loh Mom 7 Cara Menghadapi Anak yang Dewasa Sebelum Waktunya

33

Cara Menghadapi Anak yang Dewasa Sebelum WaktunyaZaman sekarang ini sepertinya menuntut anak-anak untuk lebih cepat dewasa sebelum waktunya. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, yang paling memberikan pengaruh besar adalah media sosial, akses internet dan berbagai situs dewasa yang bisa diakses dengan mudah.

Jadi, tak heran lagi kenapa sekarang ini anak-anak yang bertingkah seperti orang dewasa dan melakukan hal-hal yang belum sepatutnya menjadi tontonan sehari-hari. Bagaimana cara menghadapi anak yang dewasa sebelum waktunya ini?

1. Luangkan waktu lebih banyak bersama anak

Hal yang pertama bisa dilakukan oleh orang tua dalam cara menghadapi anak yang dewasa sebelum waktunya adalah dengan memberikan waktu lebih banyak untuk berkumpul bersama anak dan keluarga dirumah. Sehingga anak menjadi lebih banyak mendapat perhatian dan pengawasan dari orang tua. Ini adalah tips menjadi ibu yang baik untuk anak

2. Mengalihkan peran gadget pada kegiatan seni atau olahraga

Kita telah melihat bahwa anak-anak kini banyak yang bergantung pada gadget dan sebagian besar lagi tidak bisa lepas dari gadget. Untuk itu, dorong anak untuk aktif dalam berbagai kegiatan seni ataupun olahraga agar anak bisa tumbuh lebih baik di masanya tanpa banyak terpengaruh oleh media.

3. Hindari lingkungan dan pergaulan negatif dari anak

Selain internet, llingkungan dan pergaulan juga memiliki pengaruh besar dalam membuat anak dewasa lebih cepat. Maka dari itu, orang tua juga harus memperhatikan dan sebisa mungkin menjaduhkan anak dari pengaruh lingkungan yang buruk. Bisa juga untuk cara mengatasi anak remaja yang susah diatur agar tidak salah memilih pergaulan.

4. Berikan pemahaman dan mana yang boleh dan tidak boleh

Menasehati anak harus disertai dengan pemahaman yang jelas tentang apa yang boleh dan tidak boleh ia lihat. Selain sebagai nasehat, jadikan pemahaman ini sebagai peraturan yang tidak boleh dilanggar anak saat mengakses internet. Tindakan ini juga bisa dilakukan untuk cara menghadapi anak beranjak remaja yang juga harus diiringi dengan cara menjadi ibu teladan.

5. Bangun hubungan dan interaksi yang positif dengan anak

Zaman sekarang ini, orangtua harus pandai-pandai dalam mendekati dan mendidik anak. Menjadi orangtua yang otoriter saja tidak cukup. Kita juga harus bisa membangun hubungan yang dekat dan sering melakukan interaksi yang positif dengan anak, tujuannya agar anak bisa lebih terbuka kepada orang tua. Berikan juga nasehat kepada anak tentang bagaimana cara menjadi remaja yang baik.

6. Dorong anak untuk melakukan permainan tradisional

Agar anak-anak bisa merasakan permainan yang seharusnya ia nikmati dimasanya, doronglah anak untuk memainkan permainan tradisional kepada anak. Ya, permainan yang biasa dilakukan anak seumurannya yang bisa dimainkan dengan teman sebayanya.

Tanggung jawab ibu terhadap anak juga loh dalam menjaga anak agar tidak dewasa sebelum waktunya.

7. Pengawasan penuh saat anak bermain gadget

Sulit sekali memang untuk menjauhkan anak-anak dari gadget. Meski orangtua melarang atau tidak memberikan gadget pada anak, anak masih bisa menggunakan gadget milik temannya.

Oleh karena itu, lakukan pengawasan penuh jika masih memberikan anak gadget. Seperti memasang aplikasi pada gadget anak yang bisa memonitor apapun yang di akses anak. Tentu saja harus dengan cara menjadi ibu modern yang melek teknologi.

Itulah 7 cara menghadapi anak yang dewasa sebelum waktunya untuk para orangtua. Belajarlah cara menjadi ibu ideal bagi anak dan cara menghadapi anak baru gede. Ingatlah bahwa fungsi ibu dalam keluarga itu sangat penting dalam membentuk pribadi anak.