Pahami 7 Cara Mengatasi Anak Ekstrovert yang Hiperaktif

43

Cara Mengatasi Anak EkstrovertAnak berkepribadian ekstrovery yang penuh keceriaan, ramai, dan tidak bisa diam ini sering kali membuat orang tua kewalahan.

Anak yang cenderung hiperaktif dan senang cari perhatian ini seakan tak pernah kehabisan energi dalam beraktivitas.

Bagaimana orang tua menyikapi anak ekstrovert ini? Simak yuk cara mengatasi anak ekstrovert yang tak bisa diam berikut ini.

  1. Arahkan anak untuk melakukan kegiatan fisik yang positif

Anak ekstrovert menyukai aktivitas yang mengandalkan fisik dibanding harus duduk diam. Sebaiknya arahkan anak untuk melakukan kegiatan yang lebih positif seperti permainan olahraga, mengajak anak berkebun atau membereskan rumah sambil bermain. Ciri-ciri ibu yang baik bisa mengarahkan anaknya ke hal positif.

  1. Jangan menyuruh anak diam saat ia berbicara

Cerewet dan tidak bisa diam melekat pada diri anak ekstrovert yang membuat suasana menjadi ramai. Jangan marah dan menyuruh anak berhenti berbicara ketika ia mengeluarkan isi hati dan pendapatnya karena bisa mengganggu rasa percaya dirinya.

Justru dengarkanlah agar orang tua tahu bagaimana pola pikir si anak. Jangan berikan gadget agar anak tenang mengingat adanya bahaya gadget untuk anak. Simak cara sabar menghadapi anak rewel agar bisa tenang.

  1. Jangan lengah dengan anak ekstrovert

Kenapa? Karena anak ektrovert tidak betah diam dan ia akan mencoba melakukan apa saja aga ia bisa bergerak. Ia bisa meraih segala benda yang ia lihat sebagai cara menghilangkan bosan di rumah dan mungkin saja bisa membahayakannya.

  1. Melatih bakat anak dengan kegiatan positif

Cara mengatasi anak ekstrovert berikutnya adalah dengan memasukkan anak pada komunitas yang bisa melatih bakatnya. Seperti les berenang, menari, beladiri atau kegiatan lainnya yang bisa membuat anak bergerak aktif.

Berada dilingkungan yang dipenuhi teman dan aktivitas fisik tentu sangat disukainya. Salah satu cara menjadi ibu bijak yakni bisa memilihkan kegiatan sesuai karakternya anak.

  1. Ajarkan aturan dan terapkan pada anak

Aak ekstrovert jika dibiarkan ia akan melakukan hal yang ia mau tanpa tahu waktu. Oleh karena itu ajarkan anak tentang aturan dan terapkanlah dalam kesehariannya.

Seperti mengajarkannya kapan waktu bermain, makan, atau belajar yang harus ia patuhi. Contohkan juga dengan cara menjadi ibu teladan dalam kedisiplinan.

  1. Berikan pendidikan agama

Pendidikan agama sangat penting diberikan pada anak dan sebaiknya buatlah aanak lebih aktif dalam hal keagamaan. Pelajaran keagamaan sudah mencangkup pendidikan tentang akhlak dan keimanan yang bagus untuk anak. Memberikan pendidikan agama juga menjadi tanggung jawab ibu terhadap anak loh.

  1. Ajarkan anak untuk fokus secara bertahap

Anak ekstrovert cenderung mudah bosan, ini tentu tidak baik dalam hal belajar. Secara bertahap ajarkan anak untuk bisa fokus dan jelaskan padanya bahwa konsentrsi dan fokus dalam belajar bisa membawa ia kepada kesuksesan dan keberhasilan. Cara mendidik anak agar mau belajar harus diikuti dengan motivasi dan dorongan.

Demikianlah 7 cara mengatasi anak ekstrovert yang sulit diam. Menghadapi anak ekstrovert tidak jauh berbeda dengan cara menghadapi wanita ekstrovert kok karena berada dalam satu kepribadian sama. Ketahui juga penyebab dan cara mengatasi anak terlambat bicara yang pasti mengkhawatirkan.