Begini Mom 8 Cara Mengatasi Anak Insomnia Dijamin Ampuh

59

Cara Mengatasi Anak InsomniaInsomnia merupakan gangguan yang membuat anak tidak bisa tidur.

Insomnia terkadang di sebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi tidur anak seperti adanya gadget, ruangan yang tidak nyaman, stress, trauma,dan lain sebagainya.

Sebagai seorang ibu pasti kita khawatir akan hal yang menimpa anak kita. Kenapa mereka tidak bisa tidur jika malam hari? Apa vitamin kurang? Makanan yang kurang bergizi? Dan masih banyak hal lainnya yang menjadi pertanyaan para ibu.

Apalagi jika kita sudah mengantuk setelah seharian kerja, bersih kamar dan masih banyak hal yang lainnya lagi, tapi anak tidak tidur hingga larut malam atau Insomnia.

Itulah cara menjadi wanita sukses, sukses di kantor maupun di rumah sebagai ibu, Pasti banyak ibu yang bertanya bagaimana cara mengatasi anak yang terkena insomnia? Cara Mengatasi Anak Insomnia:

  1. Ciptakan Kamar Yang Nyaman

Mengatasi anak yang insomnia , orang tua bisa menciptakan suasana kamar yang nyaman dan bebas dari nyamuk atau gangguan lainnya.

Kamar yang nyaman akan membuat anak mudah tidur karena suasana dalam kamar bisa membawa rasa kantuk datang. karena tanggung jawab ibu terhadap anak adalah membuat anak- anaknya nyaman, bukan?

  1. Matikan Semua Alat Elektronik

Untuk para ibu, biasakan mematikan semua peralatan elektronik seperti televisi, handphone, gadget, dan lain sebagainya saat anak akan tidur.

Karena hal tersebut bisa menyebabkan anak susah tidur, karena yang mereka pikirkan hanya ingin bermain dan terus bermain dan menonton tv sepanjang malam. jadilah ibu yang cerdas dalam mengatur waktu bermain anak dan anda harus mengetahui tips menjadi ibu yang sukses mendidik anak

  1. Aktivitas Sebelum Tidur

Cara untuk mengatasi anak yang insomnia bisa dengan cara melakukan aktivitas sebelum mereka tidur seperti mengganti baju, mencuci kaki, mencuci tangan, gosok gigi, dan hal lainnya. Agar anak terbiasa dengan waktu yang sudah biasa mereka lakukan sebelum tidur.

  1. Mandi AirHangat

Jika anak terus- terusan susah tidur jika malam hari, coba memandikan mereka dengan air hangat, karena dengan air hangat tubuh akan merelaksasi dan tubuh bisa istirahat dengan nyaman dan tenang. Anak tidak merasa tenang mungkin karena mereka stress terlalu di marahi atau trauma akan suatu hal yang pernah terjadi.

  1. Bacakan cerita Anak atau Dongeng

Biasanya anak paling senang di bacakan dongeng sebelum tidur dan dibacakan cerita anak, maka anak tersebut akan lupa dan langsung tertidur.

Bacakan cerita dengan bahasa yang lembut dan tenang supaya anak merasa nyaman saat bersama kita. Hal tersebut bisa bunda lakukan di rumah jika ingin mengatasi anak insomnia

  1. Jangan Biasakan Anak Minum Kafein

Banyak orang tua yang terkadang menyepelekan hal ini. Biasanya saat orang tua minum sesuatu yang mengandung kafein dan bisa membuat anak tidak bisa tidur pada malam hari dan menyebabkan insomnia pada anak kalian.

  1. Temani Anak Sampai Tertidur

Biasanya anak insonia dan tidak bisa tidur karena anak takut tidur sendirian, mungkin mereka pernah trauma saat mereka tidur sendirian di kamar dan mungkin juga pernah mimpi buruk dan anak akan menjadi semakin takut berada di kamarnya sendiri. tapi sebagai seorang ibu anda juga harus mengetahui cara melatih mental anak agar berani

  1. Buatlah Suasana Kamar Redup Saat Ingin Tidur

Suasana kamar yang redup dan nyaman merupakan suasana kamar yang enak untuk di buat tidur malam hari. Suasana nyaman memang sering kali membuat anak juga sangat nyaman dalam tidurnya. hal ini menandakan bahwa ana memilki ciri-ciri ibu yang baik

Nah itu dia 8 cara mengatasi anak insomnia yang wajib kamu ketahui. cara menjadi ibu teladan dengan segudang ide memang di perlukan dalam keluarga