Sponsors Link

Kenali 7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Terlambat Bicara Sejak Dini

Sponsors Link

Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Terlambat BicaraAlasan pria ingin punya anak adalah untuk melengkapi keluarga kecilnya. Tumbuh kembang anak dari waktu ke waktu bagaikan menjadi sebuah penantian bagi orang tuanya.

ads

Namun, ketika menyadari sang anak tengah mengalami keterlambatan dalam berbicara, apa yang harus dilakukan orang tua. Baiknya, simak penyebab dan cara mengatasi anak terlambat bicara di usia dini.

Penyebab Anak Terlambat Bicara

  1. Faktor keturunan dari keluarga yang memiliki riwayat speech delay.
  2. Gangguan pendengaran disebabkan infeksi telinga.
  3. Gangguan di daerah oral-motor di otak yang menyebabkan anak sulit menggunakan lidah, bibir dan rahang untuk menghasilkan suara.
  4. Anak menjadi pendengar pasif dari tontonan tanpa mau mencerna informasi. Keterlambatan bicara juga merupakan bahaya gadget untuk Anak.
  5. Minimnya interaksi dalam berkomunikasi anak dengan orang tua untuk menstimulasi kemampuan berbicara dan pengembangan kosa kata anak.
  6. Pengaruh lingkungan yang menggunakan lebih dari satu bahasa (bilingual).
  7. Adanya gangguan auditori yang membuat anak sulit memahami apa yang ia dengar.

Cara Mengatasi Anak Terlambat Bicara

  1. Aktif berkomunikasi dengan anak.

Aktiflah untuk mengajak anak berkomunikasi setiap harinya. Meski anak belum bisa berbicara, hal ini memberikan stimulasi pada anak untuk kelancaran dalam belajar berbicara. Rasakan juga manfaat baby spa swim dalam membangun kedekatan ibu dan anak.

  1. Berbicara dengan ekpresif.

Biasakan untuk mengenalkan anak dengan objek yang sedang dibicarakan. Seperti ‘Sayang, kamu makan sup dulu ya biar sehat dan pintar’ sambil memperlihatkan dan menyuapi sup pada anak. Ini juga termasuk cara agar anak mau makan dan juga cara sabar menghadapi anak rewel saat makan dengan berkomunikasi dengannya. Sabar mendidik anak juga merupakan cara menjadi istri impian suami loh.

  1. Ajak anak mengembangkan imajinasinya.

Terkadang kita juga harus menjadi anak kecil untuk mengajaknya bermain. Kita bisa mengajak anak untuk mengembangkan kemampuan verbalnya dengan mengajaknya berimajinasi bersama. Ini juga merupakan cara mendidik anak agar mau belajar bicara.

  1. Hadirkan narasi di setiap aktivitas bersama si kecil.

Setiap berinteraksi dan beraktivitas dengan anak, buatlah kalimat narasi seakan sedang berbicara kepada anak. Seperti ‘Sekarang kamu pakai sepatu warna pink ini ya..’. Hal ini akan membantu anak untuk lebih cepat memahami dan mengerti perkataan yang ia dengar.

Sponsors Link

  1. Biarkan anak bermain dengan teman seusianya.

Sering-seringlah mengajak anak untuk  bertemu dan bermain dengan anak sebayanya. Hal ini bisa merangsang dan memotivasi kemampuan komunikasi verbal sang anak. Simak juga cara mengatasi kecanduan game online pada anak.

  1. Konsultasikan anak ke terapis bicara.

Jika melihat suatu kejanggalan pada kemampuan anak dalam berbicara, sebaiknya bawa anak ke terapis bicara. Terapis akan menangani keterlambatan bicara pada anak dan akan memberikan tips yang baik untuk merangsang kemampuan bicara anak.

  1. Evaluasi tumbuh kembang anak ke dokter.

Bawa anak berkonsultasi ke dokter untuk mengevaluasi tumbuh kembang anak dengan melakukan beberapa tes seperti tes pendengaran. Hal ini dilakukan untuk mengetahui faktor yang bisa menghambat kemampuan berbicara pada anak.

Itulah 7 penyebab dan cara mengatasi anak terlambat bicara sejak dini. Cara menjadi ibu yang baik untuk anak dan suami adalah dengan cara menjadi ibu teladan dalam memperhatikan tumbuh kembang anak.

, ,
Oleh :
Kategori : Parenting
Search
Yuk Join KlubWanita

ig-halosehatgroup

Sekarang ini banyak sekali masker instan yang mudah kita dapatkan di toko toko produk kecantikan. Namun banyak juga kita temui efek sampingnya. Oleh karena itu, mengapa tidak kita coba beralih ke yang alami? berikut Manfaat Masker Kopi dan Gula untuk Wajah dan cara membuatnya