Sponsors Link

Jangan Panik! Ini 7 Cara Mengatasi Anak Epilepsi saat Kejang

Sponsors Link

Cara Mengatasi Anak EpilepsiEpilepsi pada anak terjadi karena adanya gangguan pada saraf pusat di otak yang digejalai dengan kejang-kejang hingga tidak sadarkan diri pada anak.

ads

Sebagai orang tua, tentu saja akan panik ketika mendapati anak terserang epilepsi ini. Oleh karena itu ibu harus tahu cara menjadi ibu yang cerdas setiap kali dibutuhkan. Baiknya simak cara mengatasi anak epilepsi berikut ini.

  1. Selalu sedia obat-obatan yang dibutuhkan anak.

Orang tua yang memiliki anak yang menderita epilepsi harus siaga dengan obat-obatan yang untuk menangani masalah epilepsi. Karna epilepsi bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, maka dari itu sselalu sedia obat-obatan yang dibutuhkan di rumah maupun ketika bepergian. Ibu yang siaga setiap saat merupakan cara menjadi ibu rumah tangga yang sukses loh.

  1. Jangan biarkan anak kelelahan dan berpanas-panasan.

Kelelahan dan bermain dibawah terik matahari merupakan salah satu faktor penyebab yang bisa memicu terjadinya epilepsi pada anak. Oleh karena itu jaga waktu istirahat anak dan jangan biarkan anak terlalu lama bermain. Tidak hanya pada anak, kelelahan juga menjadi penyebab haid tidak lancar loh.

  1. Biarkan anak cukup tidur dan istirahat.

Kurang tidur juga bisa membuat epilepsi kembali kambuh, biarkan anak cukup di malam hari dan juga atur jadwal istirahat anak di siang hari guna mencegah kambuhnya penyakit ini.

Jauhkan juga anak dari gadget agar terhindar dari dampak negatif gadget dan dampak negatif game online yang bisa mengganggu waktu istirahatnya. Jika anak sudah kecantuan simak cara mengatasi anak kecanduan gadget.

  1. Selalu dampingi anak saat beraktivitas.

Penting bagi orang tua untuk mendampingi anak yang menderita epilepsi ini saat ia tengah beraktivitas. Dikhawatirkan kejang bisa datang saat anak tengah bermain di luar rumah, di kamar mandi atau dimana saja ia berada. Selalu perhatian penuh pada anak adalah salah satu tips menjadi ibu yang baik untuk anak.

  1. Jangan panik ketika anak mengalami kejang.

Tentu sulit rasanya untuk tidak panik saat melihat anak kejang. Namun usahakan tetap tenang agar tidak kehilangan akal dalam menolong anak yang sedang kejang.

Pelajari dan tambah pengetahuan tentang semua yang berhubungan dengan cara mengatasi anak epilepsi. Segera mungkin bawa anak ke rumah sakit terdekat agar anak bisa ditangangi secepatnya.

Sponsors Link

  1. Bimbing anak secara psikologis.

Psikologis anak yang mengalami epilepsi pasti terguncang ketika ia menyadari bahwa ada sesuatu yang berbeda di dirinya. Maka tugas orang tua untuk melakukan pendekatan dan memberikan pemahaman pada anak tentang kondisi yang mereka alami.

Orang tua harus tahu cara mendidik anak agar percaya diri dan tidak minder dengan penyakit yang di deritanya. Serta usahakan berbagai cara melatih mental anak agar berani untuk bersosialisasi dengan teman-temannya.

  1. Konsultasikan ke dokter.

Hal yang paling utama dilakukan adalah  konsultasi ke dokter tentang penyakit yang di derita anak, obat-obatan yang perlu disediakan, penyebab kambuhnya epilepsi, pencegahan hingga penangan yang tepat saat anak kejang.

Demikianlah 7 cara mengatasi anak epilepsi yang sering bikin orang tua dan sekitarnya panik. Yang penting kumpulkan lebih banyak pengetahuan tentang penyakit yang di derita anak. Simak juga cara mengatasi anak susah makan karena penyakit bisa membuat anak tidak selera makan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Parenting
Search
Yuk Join KlubWanita

ig-halosehatgroup

Sekarang ini banyak sekali masker instan yang mudah kita dapatkan di toko toko produk kecantikan. Namun banyak juga kita temui efek sampingnya. Oleh karena itu, mengapa tidak kita coba beralih ke yang alami? berikut Manfaat Masker Kopi dan Gula untuk Wajah dan cara membuatnya