7 Cara Mengatasi Anak Flek Paru-Paru Alias TBC

77

Cara Mengatasi Anak FlekTimbulnya bercak atau flek pada paru-paru anak disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis (TBC). Penyebab umum anak terkena flek ini karena tertular oleh orang dewasa yang terjangkit TBC ini. Nah, sebaiknya simak yuk cara mengatasi anak flek paru berikut ini.

  1. Pemberian obat selama 6-18 oleh dokter

Anak yang terkena flek paru atau TBC aktif atau pun yang baru terinfeksi bakteri ini harus mendapat penangan dari dokter. Bahaya jika anak tidak mendapatkan penanganan dengan tepat.

Dokter biasanya akan memberikan obat-obatan jenis antibiotik yang akan dikonsumsi anak selama 6-18 bulan secara rutin. Cara menjadi ibu yang baik buat anak itu harus cepat tanggap terhadap penyakit anak.

  1. Vaksin BCG

Langkah awal cara mengatasi flek paru pada anak bisa dilakukan dengan melakukan pencegahan lebih dulu, yakni dengan pemberian vaksin BCG untuk pembentukan antibodi agar anak tidak tertular. Ciri-ciri ibu yang baik akan melakukan pencegahan agar anaknya terhindar dari penyakit.

  1. Menghindari kontak antara anak dengan orang dewasa yang terinfeksi TBC

Hindari kontak antara anak dengan orang dewasa yang mengidap TB aktif menular yang dalam masa pengobatan 6 bulan. Penularan dari orang dewasa bisa terjadi melalui percikan ludah saat berbicara, berbagi makanan dan minuman, batuk atau bersin. Fungsi ibu dalam keluarga juga melindungi anaknya dari penyakit.

  1. Hindari lingkungan lembab tanpa cahaya matahari dalam rumah

Lingkungan yang lembab merupakan tempat perkembangbiakan efektif bagi kuman, virus dan bakteri. Jadi hindari anak dari lingkungan yang lembab dan pengap, dan biarkan cahaya matahari masuk ke rumah dengan memberikan ventilasi yang cukup. Maka dari itu penting belajar cara menjadi wanita yang bersih untuk diri dan lingkungan.

  1. Makanan bergizi dan seimbang

Anak bisa tertular virus dengan mudah jika memiliki imunitas dan daya tahan tubuh lemah sehingga tubuhnya tidak mampu memerangi bakteri TB yang msauk dalam tubuh.

Oleh karena itu selalu berikan anak makanan bergizi tinggi dan pelajari cara mengatasi anak susah makan atau berikan vitamin untuk anak susah makan agar nafsu makannya muncul.

  1. Atasi sumber penularan TB

Jika ada orang serumah yang terkena kuman TB ini atasi dengan cepat dan gunakan masker untuk pencegahan penularan pada anak. Jauhkan anak dari penderita TB hingga ia sembuh total setelah mengkonsumsi obat TB 6 bulan atau lebih. Tanggung jawab ibu terhadap anak untuk menjauhkan anak dari sumber penyakit.

  1. Hindari berbagi makanan dengan anak

Penularan penyakit TB atau flek paru ini salah satunya dari makanan yang terkena ludah penderita TB. Oleh karena itu jangan biasakan anak untuk berbagi makanan dengan orang lain untuk mencegah anak ikut tertular.

Demikianlah 7 cara mengatasi anak flek paru alias TBC. TBC atau flek paru-paru merupakan salah satu bentuk bahaya asap rokok bagi wanita dan anak-anak selain penyebab kanker payudara. Jadi persiapan menjadi ibu rumah tangga itu juga mencangkup dalam memperhatikan kesehatan keluarga.