Jangan Bingung Mom, Inilah 5 Cara Menghadapi Anak IQ Rendah Paling Berhasil

152

Cara Menghadapi Anak IQ RendahKelebihan dan kekurangan merupakan hal yang umum dan selaras terjadi dalam suatu kehidupan, hal tersebut tidak bisa dipisahkan dalam suatu aspek kehidupan. Apabila ada suatu kelebihan maka besar kemungkinan hal tersebut juga memiliki kekurangan.

Berbicara mengenai kekurangan, dalam lingkungan keluarga sekalipun ada salah satu kekurangan yang apabila tidak diatasi akan mengakibatkan beberapa konflik yaitu cara mendidik anak dengan iq rendah yang tidak sesuai, meskipun hal ini terdengar sepele namun apabila tidak diatasi dengan baik maka akan menimbulkan beberapa masalah.

Cara mendidik anak dengan iq rendah tidaklah sama dengan cara mendidik anak biasa, karena mereka butuh perhatian khusus, pelajaran yang baik sehingga daya serap pikiran mereka akan berkembang lebih baik. Namun, tidak banyak orang tua yang tahu cara mengatasi hal ini sebagaimana Peran ibu dalam psikologi anak usia dini.

Dibawah ini akan dijelaskan mengenai Cara Menghadapi Anak IQ Rendah, mulai dari cara yang harus orang tua lakukan atau trik supaya anak IQ rendah tetap berusaha untuk menjadi yang lebih baik. Yuk perhatikan ulasan dibawah ini:

1. Beri support dan motivasi anak

Anak dengan IQ rendah memiliki suatu keinginan untuk bisa lebih baik dalam hal apapun, hal yang harus anda lakukan sebagai orang tua adalah mendukung apapun yang anak inginkan dan hal yang ingin dia raih. Beri semangat dan motivasi bahwa anak pasti akan mampu melampaui batasan batasan yang selama ini ada, yakinkan juga pada anak bahwa apapun hasilnya nanti anda tidak akan kecewa dan selalu mendukung sang anak. Sebagaimana  cara menjadi ibu yang cerdas bagi anak zaman now

2. Beri pelajaran tambahan tanpa paksaan

Anak dengan iq rendah membutuhkan pelajaran ekstra, hal yang perlu anda lakukan adalah dengan memberikan anak pelajaran tambahan misalnya les. Dengan memberikan pelajaran tambahan ini IQ anak akan mulai naik dan berkembang, selain itu pengetahuan akan pelajaran juga akan meningkatkan.

Namun, ada satu hal yang perlu anda perhatikan yaitu jangan pernah memaksa sang anak untuk belajar les tanpa persetujuan sang anak, karena hal ini akan mengakibatkan anak cenderung malas dan tertekan saat mengikuti pelajaran tambahan.

3. Selalu beri reward saat anak berhasil

Memberi reward saat anak berhasil merupakan hal yang sangat membahagiakan menurut anak iq rendah ini, dengan pemberian reward ini mereka akan merasa bahwa pencapaian yang mereka lakukan mampu membuat orang tua bangga sehingga akan mendorong sang anak untuk lebih berprestasi dan lebih baik lagi dalam hal apapun, pahami juga  Ciri ciri ibu yang baik .

4. Jangan permalukan anak didepan orang lain

Meskipun anak iq rendah ini memiliki kekurangan atau daya tangkap yang lambat, anda sebagai orang tua tidak boleh mempermalukan sang anak didepan umum apalagi membeberkan semua kesalahan atau keteledoran nya.

Karena hal ini akan mengakibatkan sang anak menjadi pesimis dan enggak untuk bangkit dan berusaha menjadi lebih baik lagi, sehingga hal ini bisa menjadikan anak memiliki sikap yang buruk.

5. Jangan sungkan untuk membanggakan sang anak

Selain memberi reward anda juga bisa memuji atau membanggakan anak didepan umum atas semua pencapaian dan kerja kerasnya, baik itu nilai pelajaran nya yang bagus ataupun perilaku nya yang baik. Ada juga Tanggung jawab ibu terhadap anak

Dengan begitu anak akan lebih bersemangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan membanggakan bagi diri anda dan orang lain.

Nah itulah tadi cara menghadapi anak IQ rendah, cara tersebut sangat mudah diaplikasikan karena berisi dengan penjelasan yang sangat jelas. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.