Sponsors Link

7 Cara Menjadi Ibu Hamil yang Sehat Hingga Persalinan

Sponsors Link

ads

Menjadi ibu hamil adalah impian bagi semua wanita yang ada didunia. Banyak yang mengatakan bahwa kesempurnaan sebagai seorang wanita baru bisandidapatkan ketika ada tangan kecil yang mengenggam dan memanggil kita ibu.

Untuk melewati proses tersebut secara kodrati wanita harus melewati fase yang disebut dengan kehamilan seperti juga cara mengatur waktu bagi ibu rumah tangga  . Proses ini berlangsung secara normal selama 9 bulan sepuluh hari sampai bayi kemudian bisa dilahirkan ke dunia.

Setiap Wanita hamil mengalami proses dan fase yang sama namun memiliki kehamilan yang akan berbeda. Ada yang ringan ada juga yang berat dan harus melewati banyak perjuangan sebagaimana cara menjadi ibu dan istri yang baik  .

Namun, tentunya impian menjadi ibu hamil.yang sehat selalu menjadi prioritas utama wanita hamildimasa kehamilannya sebagaimana tips mengurus anak sambil bekerja . Untuk mendapatkan kehamilan sehat, 7 cara menjadi ibu hamil yang sehat hingga persalinan . Simak selengkapnya.

1. Makan Makanan Sehat

Menjadi ibu hamil yang sehat harus dimulai dari menjaga asupan makanan yang sehat. Sebab tanpa disadari apapun yanh ibu makan  akan berpengaruh bagi perkembangan dan pertumbuhan janin. Oleh sebab itu, jika amda termasuk orang yang gemar menyantap sembarang makanan.

Maka mulai saat ini anda harus memilah makanan sehat yang aman dikonsumsi ibu hamil, seperti sayuran, daging dan buah segar. Serta yang penting diingat adalah hindari makanan setengah matang atau mentah, sebab sangat berbahaya bagi janin.

2. Menjaga Nutrisi

Selain makanan sehat, nustrisi juga jangan sampai terabaikan. Sumber vitamin, mineral serta asam folat smagat penting dikonsumsi untuk menjaga kehamilan tetap sehat. Anda bisa mendapatkan asupan nutrisi tersebut dari makanan atau juga vitamin yang diresepkan oleh tenaga kesehatan. Pastikan bahwa nutrisi yang anda konsumsi diberikan secara seimbang.

3. Menghindari Kegiatan Berat

Ibu hamil terutama pada kehamilan muda, disarankan untuk mengindari kerja berat. Seperti naik turun tangga kegiatan angkat beban berat benar-benar harus dihindari. Sebab, dikhawatirkan kegiatan berat ini akan bisa memicu kelelahan pada ibu hamil. Hal ini juga tidak baik bagi janin dan ibu hamil, sebab keleahan me jadi faktor utama banyak kasus keguguran di usia kehamilan yang masih rawan. 

Sponsors Link

4. Mengelola Stres

Ibu hamil di sarankan untuk mengelola stres, mereka tidak diperbolehkan mengalami stres yang berlebihan. Sebab secara psikologi ibu hamil yang mengalami stres rentan mengalami keguguran. Hal ini juga dinilai tidak baik bagi perkembangan janin. Oleh sebab itu, diawal kehamilan anda harus mampu mengelola stres. Jangan mengkhawatirkan kehamilan dan jalani kehamilan dengan enjoy.

5. Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat wajib dijalani oleh seorang ibu hamil. Jika amda gemar menyantap makanan junkfood jajan diluar atau suka minum-minman softdrink. Maka ketika memasuki usia kehamilan anda harus menjauhkan diri dan menahan hasrat dari kebiasaan tersebut. Sebab kebiasaan buruk tersebut tidak hanya akan menganggu kesehatan anda tetai juga dapat menganggu perkembangan janin.

6. Istirahat Cukup

Agar mendapatkan kehamilan yang sehat seorang ibu hamil wajib memperhatikan porsi istirahatnya. Selalu luangkan waktu untuk tidur di siang hari. Jangan memaksa diri untuk begadang, sebab ibu hamil disarankan untuk memiliki jam istirahat minimal 8-9 jam seharinya. Usahakam tidur jangan terlalu malam agar keesokan harinya anda bisa terbangun dalam keadaan yang segar.

Sponsors Link

7. Periksa Secara Rutin

Ibu hamil yang sehat juga wajib memeriksakan kandungannya kepada petugas kesehatan baik bidan ataupun dokter kandungan. Disarankan pemeriksaan minimal dilakulam sebanyak 4 kali selama masa kehamilan. Y

akni satu kali pada trimester pertama, satu kali pada trimester kedua dan dua akali pada trimester ketiga. Pemerikasaan secara rutin akan bisa mengetahui resiko kehamilan yang bisa saja dialami oleh ibu hamil.

7 cara menjadi ibu hamil yang sehat yang benar. Tentunya dapat menjadi panduan bagi para calon ibu yang sedang menikmati masa kehamilannya sebagaimana cara menjadi wanita cerdas , serta cara menjadi ibu rumah tangga sekaligus wanita karir  . Keep enjoy ya moms, semoga ibu dan janinnya selalu sehat.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Parenting