Sajikan 4 Menu Sahur Bergizi Ini Agar Anak Makin Semangat Berpuasa

12

Puasa tidak hanya mempersiapkan menu berbuka, tetapi menu sahur juga penting disiapkan. Apalagi bagi si buah hati yang perlu tips membiasakan anak berpuasa, makan di waktu sahur menjadi vital agar seharian berpuasa menjadi kuat.

Menu sahur harus memenuhi asupan gizi yang cukup agar energi yang dibutuhkan dalam sehari tidak habis sebelum waktu berbuka.

Bagi Anda yang sedang menyiapkan menu sahur bagi anak, harus memperhatikan minuman dan makanan yang disajikan. Salah satunya adalah kandungan makanan harus mengandung karbohidrat kompleks agar anak tidak gampang lemas dan bisa kenyang dalam waktu lebih lama.

Dan jangan lupa sediakan makanan yang mengandung protein seperti telur atau keju. Hindari juga makanan manis, karena bisa menaikkan kadar gula darah dengan cepat serta menurun juga dengan cepat pula.

Hal ini berpengaruh pada mood anak yang gampang berubah. Jika kebingungan untuk mempersiapkan menu sahur, berikut pilihan menu yang bisa Anda buat di waktu sahur :

    1. Oatmeal Sayuran dan Buah

Makanan ini merupakan sumber karbohidrat kompleks. Hal ini akan membuat asupan untuk anak akan terpenuhi sebagai cara mengajarkan puasa pada anak. Oatmeal yang berisi sayur dan buah juga memberikan tenaga yang cukup, sehingga si buah hati kuat untuk berpuasa sehari penuh.

Oatmeal sayuran dan buah bisa Anda buat dengan bahan seperti brokoli, wortel, jagung atau sayuran yang telah direbus atau ditumis. Untuk menambah kandungan gizinya, Anda bisa mencampurkan dengan ayam, daging, atau telur sebagai sumber protein.

    1. Roti Sandwich dan Susu

Cara supaya anak tetap fit saat mulai belajar puasa yaitu dengan menyiapkan menu sahur bergizi. Roti sandwich bisa menjadi menu sahur yang sederhana tetapi tidak mengurangi asupan gizi untuk anak saat memakannya. Pertama dalam memilih roti harus yang terbuat dari gandum agar lebih banyak serat.

Dan untuk asupan protein bisa menambahkan sosis dan telur. Dan untuk kebutuhan vitamin dan mineral bisa mencampurkan dengan selada, timun dan tomat. Terakhir agar lebih sempurna, beri si buah hati susu yang menjadi kesukaannya.

    1. Nasi Goreng Telur

Salah satu cara mengajari anak mulai berpuasa sejak dini adalah dengan membiasaknnya makan sahur dengan menu favorit. Menu nasi goreng telur menjadi menu favorit karena mudah untuk dibuat dan resepnya sudah dihafal di luar kepala.

Nasi Goreng telur cocok menjadi menu sahur karena tidak membutuhkan banyak bahan makanan dan tetap bisa memenuhi kebutuhan gizi untuk anak.

    1. Ayam Goreng Kecap

Resep sarapan praktis ini bisa menjadi andalan, karena cara membuatnya sederhana dan cocok dimakan bagi anak yang berlidah nusantara. Bahan terpenting yang tidak boleh salah pilih adalah memilih kecap, karena akan sangat mempengaruhi cita rasanya.

Serta daging ayam harus masih segar, Anda bisa memilih ayam potong maupun ayam kampung. Untuk membuat saus kecapnya sangat mudah, tinggal sediakan bahan sebagai berikut :

  • 1 buah tomat.
  • 3 siung bawang merah.
  • 2 siung bawang putih.
  • 1 jari jahe.
  • 1 jari lengkuas.
  • 1 buah jeruk nipis.
  • 10 sdm kecap manis.

Setelah bahan terkumpul, Anda harus mencampurkan bumbu yang telah terpotong dalam wadah sedang. Tambahkan kecap manis secukupnya dan garam serta perasan jeruk nipis. Dan bumbu akan siap dihidangkan.

Sesudah saus sudah siap, jangan sampai salah dalam merebus ayam, maksimal rebus selama 7 menit dan tiriskan agar saat digoreng mudah untuk matang.