Sponsors Link

9 Tips Memilih Concealer Bagi Pemula

Sponsors Link

ads

Concealer merupakan salah satu kunci pada makeup yang berfungsi untuk menutupi kulit yang belang, mencerahkan warna kulit, mengembalikan warna kulit yang belang, menyamarkan noda, menyamarkan bekas pigmentasi, dan lain-lain. Bukan hanya itu saja, concealer juga efektif untuk menyamarkan noda hitam pada daerah sekitar mata, atau yang biasa kita kenal dengan mata panda. Concealer dengan kualitas yang baik mampu menyatu dengan kulit secara mudah atau sempurna tanpa terlihat jika kita sedang menggunakan salah satu kosmetik.

Baca juga:

Kenapa kita membutuhkan concealer? Jawabannya sangatlah sederhana, yaitu karena kita ingin warna kulit kita sama antara satu bagian dengan lainnya dan tentu saja membuat wajah terlihat lebih halus – alias bekas jerawat dan bekas luka lainnya tidak terlihat sama sekali pada wajah. Lalu, bagaimana cara memilih concealer dengan kualitas yang bagus? Apa yang membedakan antara satu concealer dengan concealer lainnya?

Sebelum kita mengetahui lebih lanjut tentang apa itu concealer, tahukah kalian apa saja manfaat yang kita dapat dari concealer ini? Tentu saja jawabannya untuk mempercantik penampilan kita alias membuat penampilan kita menjadi lebih menarik, tapi apakah yang dimaksud dengan manfaat di sini? Daripada penasaran, yuk kita simak yang satu ini!

Baca juga:

1. Memberikan kesan glamour pada wajah

Yup, bukan rahasia lagi jika concealer memberikan kesan glamour pada wajah dengan cara yang sangat mudah, yaitu mengoleskannya pada daerah tulang pipi, garis bibir, ataupun pada bagian garis tengah hidung. Saat mengaplikasikan concealer, kita juga bisa menambahkan pengapikasian bronzer yang sangat tentunya juga efektif untuk menambahkan kesan glamour pada wajah dan mudah untuk digunakan.

2. Menambah volume alis

Siapa sih yang ingin mempercantik penampilan diri? Tentu saja sebagian dari kita pasti menjawab iya, alias tidak ada yang bisa menolak untuk menjadi lebih cantik atau menarik. Concealer merupakan salah satu makeup yang bisa mempercantik penampilan diri kita, namun siapa sangka concealer bisa digunakan untuk menambah volume alis? Mendapatkan manfaat yang satu ini dari concealer pun juga sangat mudah, yaitu dengan menggambar alis terlebih dahulu lalu mengaplikasikan concealer di bawah alis, mulai dari bagian paling dalam hingga ujung alis.

Baca juga:

Sponsors Link

3. Mempertajam warna bibir

Bukan hanya memiliki banyak manfaat untuk daerah wajah, concealer juga bisa dimanfaatkan untuk dasar makeup pada bagian bibir dan mata kita. Cara menggunakan concealer untuk hal yang satu ini pun sangat mudah yaitu dengan mengoleskan concealer terlebih dahulu secara merata pada daerah bibir lalu mengaplikasikan lipstick setelahnya. Tada! Warna bibir kita pun akan terihat lebih menarik dan lebih cantik hanya dengan tambahan concealer.

Baca juga:

4. Mempertegas makeup mata

Bukan hanya berfungsi untuk menghaluskan wajah, concealer juga sangat efektif untuk mempertegas bentuk mata alias mempertegas makeup pada mata yang sejatinya mengikuti trend masa kini. Untuk menggunakan concealer pada hal yang satu ini sangatlah mudah, yaitu dengan mengoleskan concealer pada bagian garis tengah kelopak mata lalu membuat garis mengikuti tekukan mata lalu kita bisa menggunakan eyeshadow sesuai kebutuhan dan selera kita.

Wah, ternyata concealer memberikan kita banyak manfaat ya! Tentu saja informasi tadi membuat kita semakin tertarik untuk membeli dan menggunakan produk yang bernama concealer ini bukan? Nah sebelum memutuskan untuk membeli concealer, ada baiknya kita mengetahui tips memilih concealer agar kita bisa mendapatkan concealer terbaik 🙂 Apa saja ya kira-kira? Daripada penasaran, yuk kita simak yang satu ini!

  1. Mengenal jenis concealer

Seperti yang kita tahu, makeup merupakan salah satu benda yang kompleks dan terdiri dari banyak jenis, seperti halnya concealer yang juga terdiri dari berbagai jenis. Pada dasarnya, concealer terdiri dari tiga jenis yaitu: cream, stick, dan liquid yang pastinya ada point plus dan kelemahannya masing-masing. Jenis concealer yang pertama adalah jenis liquid yang sangat cocok untuk digunakan semua jenis kulit, lebih tepatnya sangat cocok untuk tipe kulit normal, kombinasi, berminyak, maupun kulit berjerawat. Namun sayangnya, jenis concealer ini kurang disarankan pada tipe kulit kering karena teksturnya yng kurang bisa menutupi permukaan kulit yang pecah. Keunggulan lainnya yang ditawarkan jenis concealer yang satu ini adalah efektif untuk menutupi keriput dan tahan lama yang berarti kita tidak perlu mengaplikasikan lagi dan lain dalam sehari atau dalam jangka waktu tertentu.

Jenis concealer berikutnya adalah stick concaler, yaitu jenis concealer yang sangat efektif untuk digunakan pada kulit normal, kering, maupun sensitif dengan teksturnya yang kental, creamy, dan mampu menutupi bekas luka dan jerawat dengan sangat baik. Menggunakan jenis concealer yang satu ini pun sangat mudah karena kita bisa hanya menggunakan tangan ataupun dengan bantuan kuas yang pastinya sama-sama efektif untuk meratakan penggunaan concealer pada wajah.

Jenis concealer yang terakhir adalah cream, yang sangat efektif untuk menyamarkan bekas luka dan pigmentasi pada kulit serta sangat mudah menyatu dengan warna kulit sehingga warna kulit wajah kita tetap terlihat natural. Cream concealer ini sangat efektif untuk digunakan dalam menutupi noda pada bagian bawah mata dan bisa diaplikasikan dengan bantuan kuas tanpa perlu khawatir pengaplikasiannya akan berlebihan alias kita akan terlihat menor.

2. Memilih shade yang tepat

Memilih shade atau warna conceraler merupakan tips yang paling perlu diperhatikan karena karena hal ini tentu saja mempengaruhi penampilan kita nantinya. Untuk membuat wajah semakin terlihat cerah atau semakin putih, ada baiknya kita menggunakan atau memilih shade yang lebih cerah alias lebih terang daripada warna kulit kita. Namun sebaliknya apabila kita menginginkan untuk menutupi noda ataupun bekas luka dan pigmentasi pada wajah, ada baiknya kita memilih shade yang lebih gelap daripada warna kulit kita yang tentu saja berfungsi untuk membuat warna kulit wajah kita terlihat natural.

Baca juga:

3. Menguji coba concealer

Concealer adalah salah satu kosmetik yang harus diuji coba terlebih dahulu sebelum kita benar-benar yakin untuk membelinya karena sering kali produk ini tidak menyediakan jaminan untuk dikembalikan apapun alasannya. Lalu, bagaimana cara kita menguji coba concealer? Tentu saja caranya sangat mudah, yaitu dengan mencobanya terlebih dahulu di daerah tangan atau wajah terlebih dahulu yang biasanya tersedia produk trial nya di gerai makeup tertentu.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam point ini adalah untuk mencobanya pada ruangan dengan cahaya yang cukup agar tidak terjadi salah pilih warna. Kita juga bisa menanyakan pendapat brand ambassador untuk mengetahui shade mana yang paling cocok utuk warna kulit kita. Ada baiknya juga kita memilih concealer dengan mineral pigment colour yang lebih aman dan melembabkan daripada concealer dengan dye based color yang justru dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

ads

4. Hindari warna tertentu

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, concealer memiliki berbagai shade dan oleh sebab itulah kita harus jeli dalam memilih shade-nya agar warnanya dapat menyatu dengan baik dengan warna kulit kita sehingga dandanan kita pun terlihat natural. Namun tahukah kalian ada shading tertentu yang sebaiknya kita hindari agar kita bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dalam mengaplikasikan makeup?

Yup, sebaiknya kita menghindari shading putih atau pink karena kedua shading ini justru membuat warna kulit wajah kita terlihat pucat. Sebaliknya, concealer dengan warna kuning merupakan warna terbaik karena dapat menutupi mata panda dengan maksimal. Bagi kita yang dianugerahi dengan warna kulit hitam, ada baiknya untuk memilih concealer dengan shading kuning cenderung oranye sehingga warnanya tidak terlalu berlebihan tapi tetap efektif untuk membuat wajah terlihat lebih cerah.

5. Menguji daya tahannya

Tips memilih concealer berikutnya adalah menguji daya tahannya. Lho kenapa? Yup, setelah mengetahui shading apa yang kita pilih tidak ketinggalan pula untuk mengetahui point yang satu ini. Cara menguji coba daya tahan concealer pun sangat mudah, yaitu dengan mengoleskannya pada pergelangan tangan kemudian kita usapkan dengan kapas atau tissue. Apabila warnanya cepat hilang, hal ini berarti daya tahan concealer ini tidak terlalu bagus dan ada baiknya kita memlilih concealer yang lain. Selain itu, ada baiknya juga kita memilih tekstur concealer yang mudah menyatu dengan warna kulit kita dan mudah diserap oleh kulit.  (Baca juga: Produk St Ivez , Produk Oxy)

6. Memiliki shading lebih dari satu

Bukan rahasia lagi jika concealer memliki banyak warna dan kita harus memilih shade yang tepat agar warnanya dapat menyatu dengan baik dengan warna kulit kita. Tapi tahukah kalian betapa pentingnya memiliki beberapa warna concealer meski dipakai dalam waktu bersamaan? Yup, kita perlu atau bisa untuk menggunakan berbagai warna concealer sekaligus yang pastinya efektif dan menarik untuk digunakan dan mempercantik penampilan kita. Contohnya saja untuk memilih warna cenderung kuning pada bagian sekitar mata ataupun memilih warna coklat untuk daerah sekitar pipi.

7. Menentukan tekstur concealer

Bukan hanya shade dan daya tahan concealer yang harus kita perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli concealer yang mana, namun juga mengenai teksturnya. Yup, tips memilih concealer berikutnya adalah tentang mengenal teksturnya yang tentunya tekstur antara satu concealer dengan lainnya memiliki keunikannya masing-masing. Contohnya saja concealer cair yang sangatlah efektif untuk mencerahkan kulit yang dapat kita gunakan pada daerah sekitar pipi. Berbeda lagi apabila kita akan menggunakan concealer pada daerah sekitar mata yang lebih baik teksturnya lebih kental dan pastinya lebih efektif dalam membuat wajah terlihat lebih halus dan cerah.

Baca juga:

8. Mengetahui warna kulit kita

Tips memilih concealer yang perlu kita ketahui berikutnya sebenarnya adalah hal paling dasar dalam memilih makeup, yaitu mengetahui pasti tentang warna kulit kita. Warna kulit kita sendiri pada dasarnya bisa gelap ataupun terang dan merupakan kewajiban bagi kita untuk memilih shading concealer yang paling mendekati warna tersebut agar makeup ini tetap terlihat natural ketika kita gunakan. Dalam memilih shading concealer, kita bisa membandingkan warna dua daerah pada tubuh untuk memilih shading terbaik yaitu antara pada bagian wajah dan leher. Bagian sekitar leher memiliki warna yang lebih terang sedangkan pada bagian wajah cenderung lebih gelap. Sebaiknya kita memilih shading concealer dengan warna kulit yang cenderung dominan agar tidak terlihat menor ketika kita menggunakannya. Kita juga bisa menguji coba concealer pada wajah terlebih dahulu kemudian diikuti pada leher untuk memastikan apakah shading yang satu ini benar-benar shading terbaik untuk kita.

9. Menguji coba berbagai shading

Tips terakhir dalam memilih concealer adalah membandingkan tiga warna concealer (atau lebih) terlebih dahulu sebelum memutusukan akan membeli concealer yang mana. Cara mengujicobanya sangatlah mudah yaitu dengan mengoleskannya sedikit pada daerah tangan, lalu mendiamkannya selama kurang lebih 5 menit untuk mengetahui apakah teksturnya dapat terserap dengan baik lalu kita bisa memutuskan warna mana yang terlihat paling alami dan menyatu dengan warna kulit kita. biasanya kita menggunakan concealer pada bagian tulang pipi ke bawah atau daerah sekitar dagu.

Nah itu tadi adalah beberapa tips memilih concealer yang pastinya mudah untuk diingat dan dipraktikkan. Pastinya sekarang sudah tidak bingung lagi bukan untuk memilih concealer yang tepat? Pastinya sudah tidak ada alasan lagi untuk malas menggunakan makeup karena berdandan adalah suatu hal yang sangat menyenangkan 🙂 yuk kita mulai cantik dari sekarang!

, , ,
Oleh :
Kategori : Kecantikan