Sponsors Link

10 Cara Memilih Concealer Sesuai Warna Kulit Paling Mudah

Sponsors Link

Concealer. Siapa sih yang tidak kenal dengan kosmetik yang satu ini? Layaknya foundation, concealer berfungsi sebagai dasar makeup yang berarti membuat makeup lebih tahan lama pada kulit wajah. Seperti yang kita tahu pada, jenis concealer sendiri terdiri dari beberapa, yaitu liquid dan powder. Concealer dengan tekstur liquid ini pada dasarnya sangat cocok untuk digunakan pada seluruh bagian wajah hingga merata dan menutupi noda pada seluruh bagian wajah dengan sempurna meski hanya menggunakan sedikit concealer. Hal ini berbeda dengan jenis concealer yang berikutnya, yaitu concealer dengan jenis powder ini sangatlah sangat bermanfaat untuk menutupi bekas luka atau bekas pigmentasi yang pastinya dengan efek mencerahkan wajah dan membuat wajah tetap terlihat natural meskipun kita menggunakan makeup.

ads

Baca juga:

Concealer yang bagus adalah concealer yang mampu menutupi segala bekas jerawat maupun pigmentasi secara sempurna alias secara natural tanpa terlihat kita menggunakan suatu makeup apalagi terlihat menor. Concealer sendiri sering disamakan dengan foundation namun apakah kalian sebenarnya tahu perbedaan kedua makeup ini? Foundation sendiri berfungsi sebagai sebagai dasar makeup dan berfungsi untuk mencerahkan wajah, sedangkan concealer sendiri berfungsi untuk menutupi bekas pigmentasi dan bekas luka lainya dan tetap berfungsi untuk mencerahkan wajah yang berarti tetap menjaga penampilan kulit tetap menarik dan tentu saja menjaga kecantikan kita.

Layaknya lipstick, eye shadow, ataupun berbagai kosmetik lainnya yang memiliki banyak warna, concealer pun memiliki banyak shading dan sebaiknya kita memilih shading yang sesuai dengan warna kulit kita. Apa sih pentingnya memilih shading yang sesuai dengan warna kulit kita? Tentu saja jawabannya sangat mudah, yaitu agar makeup kita yang satu ini tidak terlihat berlebihan alias tetap terlihat natural dan tentu saja membuat penampilan kita terlihat lebih menarik.

Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara memilih concealer sesuai warna kulit, yang pastinya cepat bagi kita yang pemula di dunia makeup ataupun bagi kita yang baru mulai tertarik dengan makeup yang bernama concealer ini. Lalu, bagaimana cara memilih concealer sesuai warna kulit? Daripada tambah penasaran, yuk kita simak yang satu ini!

1. Memilih shading yang warnanya lebih terang daripada kulit kita

Menurut beberapa ahli di dunia kecantikan, memilih shading concealer memerlukan keahlian tertentu alias kita harus berhati-hati dalam memilih shading-nya agar pemakaian makeup yang satu ini tetap terlihat natural. Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan memilih warna yang dua kali lebih terang daripada warna kulit kita. Kenapa begitu? Shading yang cenderung lebih cerah daripada warna kulit kita berfungsi untuk menutupi bekas jerawat ataupun bekas hiperpigmentasi serta berbagai noda yang ada pada wajah yang tentu saja berfungsi untuk mempercantik penampilan kita. Sebaiknya kita memilih shading yang bernada kuning karena shading ini sangat mudah menyatu dengan kulit kita, kecuali bagi kita yang warna kulitnya cenderung hitam di mana sebaiknya memilih shading yang cenderung oranye.

Baca juga:

Sponsors Link

2. Daerah bawah sekitar mata

Daerah bawah sekitar mata merupakan daerah wajah yang sering kita percantik dengan concealer. Bukan suatu rahasia lagi jika daerah ini merupakan salah satu bagian wajah yang penting dalam menarik perhatian orang lain. concealer yang tepat untuk digunakan pada daerah wajah yang satu ini adalah concealer yang cenderung bewarna cerah karena berfungsi untuk menutupi noda serta bekas pigmentasi yang ada pada wajah.

Satu hal lagi yang perlu kita ingat untuk mengaplikasikan pada daerah wajah yang satu ini adalah untuk memilih warna yang tidak sama atau senada dengan warna kulit kita. Kenapa? Daerah mata adalah daerah yang vital pada wajah dan cenderung terdapat banyak noda pada bagian wajah yang satu ini dan salah satu contoh permasalahan yang ingin kita tutupi adalah mata panda. Cara yang tepat untuk mengatasi masalah yang satu ini adalah untuk memilih shade yang warnanya dua kali lebih cerah daripada warna kulit kita yang tentu saja tidak terlalu mencolok perbedaannya sehingga warnanya tetap terlihat natural.

Baca juga:

3. Mencoba sebelum membeli

Yup, ini adalah cara memilih concealer yang sesuai dengan warna kulit penting berikutnya dan harus kita ingat dengan baik. Untuk menguji coba atau mengetahui concealer sudah sesuai dengan warna kulit kita pun sangat mudah, yaitu dengan menguji cobanya pada pada bagian sekitar leher atau pergelangan tangan. Satu hal lagi yang perlu kita ingat ketika mencoba concealer adalah adanya penerangan yang cukup sehingga kita tidak salah memilih shading. Satu hal lagi yang perlu kita ingat sebelum membeli atau memilih concealer adalah tidak ada jaminan uang kembali sehingga kita perlu berhati-hati sebelum memutuskan dan membawa pulang shading yang kita inginkan.

  1. Memilih concealer berdasar jenis kulit

Seperti yang kita tahu, jenis kulit kita berbeda antara satu dengan yang lainnya dan hal ini mempengaruhi mengenai jenis concealer yang tepat pula untuk kita. Contohnya saja pada tipe kulit kering, sebaiknya kita memilih tipe concealer yang creamy dan mengaplikasikannya dengan menggunakan bantuan kuas agar hasilnya dapat lebih optimal. Contoh lainnya adalah kita dengan jenis kulit normal yang sebaiknya memilih concealer dengan tekstur yang kental ataupun yang berbentuk stick di mana kedua jenis concealer ini sangat optimal dalam menyamarkan bekas luka ataupun noda pada kulit wajah kita.

5. Membersihkan wajah

Meski terlihat sepele, membersihkan wajah merupakan salah satu hal penting pada cara memilih concealer sesuai warna kulit kita. Kenapa hal ini penting dalam memilih concealer? Tentu saja jawabannya sangat mudah yatu untuk melihat apakah jenis concealer yang kita ingin atau yang akan kita bawa pulang ini dapat menyatu dengan baik dengan jenis kulit kita dan mengetahui apakah menimbulkan reaksi tertentu mengingat banyaknya kandungan zat kimia pada makeup yang satu ini. Untuk mengaplikasikan concealer secara optimal pun caranya sangat mudah, yaitu dengan mengaplikasikan concealer terlebih dahulu yang diikuti dengan pelembab.

6. Menggunakan concealer bernada hijau

Makeup berwarna hijau? Bukankah terlihat aneh? Eh siapa bilang! Shade concealer yang satu ini sangatlah bermanfaat alias berguna untuk kita. Lalu manfaat apa yang kita dapatkan dari concealer bernada hijau yang satu ini?

Tentu saja jawabannya sangat mudah, yaitu untuk menutupi bekas hiperpigmentasi atau jerawat dengan optimal dan setelahnya kita bisa menggunakan concealer yang shading-nya sesuai dengan warna kulit kita. Satu hal yang perlu kita pastikan dalam pengaplikasian concealer adalah concealer dioleskan secara merata pada seluruh bagian wajah – dan lebih tepatnya menutupi semua noda yang ada agar kita bisa mendapatkan manfaat dari concealer dengan optimal. Setelah kita yakin jika telah mengaplikasikan concealer dengan baik, kita bisa mengaplikasikan bedak setelahnya dan pastinya kita sudah siap menyambut hari kita dengan terlihat lebih cantik.

Baca juga:

ads

7. Membandingkan beberapa warna tertentu

Cara memilih concealer yang sesuai dengan warna kulit kita berikutnya adalah dengan membandingkan beberapa warna tertentu dan setidaknya kita memilih atau membandingkan tiga shading sebelum memutuskan akan membeli yang mana. Pada cara ini terdapat beberapa hal yang harus kita perhatikan, yaitu seperti memilih shading concealer yang paling mendekati warna kulit kita ataupun daya tahan concealer yang paling lama pada kulit.

Cara lainnya yang bisa kita ingat pada point ini adalah dengan mencoba beberapa shading pada bagian leher terlebih dahulu dan mendiamkannya selama beberapa saat dan kita bisa melihat apakah concealer ini benar-benar menyatu dengan warna kulit kita atau tidak dan memastikan bahwa shading tersebut merupakan yang tebaik untuk kita. Satu hal yang perlu kita ingat dalam point ini adalah untuk melihat hasilnya pada cermin dan mencari cahaya matahari di mana hal ini berguna untuk memastikan bagaimana penampilan kita ketika berada di luar ruangan.

Baca juga:

8. Memperhatikan oksidasi

Seperti halnya foundation, concealer juga bisa mengalami oksidasi dan warnanya akan berubah di mana ini semua dikarenakan shading concealer yang berpadu dengan pigmen yang ada pada kulit kita dan justru warnanya cenderung berubah menjadi hitam. Wah bukannya mempercantik dan meningkatkan penampilan kita tapi justru menurunkan penampilan dan rasa percaya diri kita. tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Cara yang tepat untuk mencegah terjadinya oksidasi adalah dengan menguji coba concealer ini terlebih dahulu pada daerah lengan. Setelah kita mengoleskannya sedikit pada tangan, kita perlu menunggunya selama beberapa saat – sekitar 15 menit dan memastikan apakah ada perbedaan warna sebelum dan setelah dioleskan pada kulit. Apabila terjadi perubahan warna, maka sebaiknya kita beralih pada concealer berikutnya yang lebih baik. Kita perlu melakukan cara ini berkali-kali hingga mendapatkan concealer yang terbaik untuk kita.

9. Tekstur concealer yang tepat

Point ini merupakan point yang harus kita perhatikan selanjutnya karena tekstur merupakan point yang penting juga pada concealer. Kenapa begitu? Tentu saja jawabannya karena tekstur concealer menentukan seberapa baik concealer bisa menyatu dengan tekstur kulit kita pula – yang berarti bagaimana suatu makeup terlihat begitu alami ketika kita gunakan dan pastinya tidak terlihat menor.

Cara untuk memastikan point ini sangatlah mudah, yaitu dengan mengaplikasikan concealer terlebih dahulu pada seluruh bagian wajah kita hingga merata dan kita bisa melakukannya dengan bantuan kuas khusus concealer agar hasil yang kita dapat bisa lebih optimal. Bagi kita yang sudah ahli dalam makeup lebih tepatnya dalam mengaplikasikan concealer, makeup yang satu ini juga bisa dilakukan hanya dengan bantuan tangan yang pastinya tidak kalah ampuh dengan bantuan kuas.

Baca juga:

10. Pengaplikasiannya pada wajah

Cara ini merupakan cara memilih concealer sesuai dengan warna kulit kita terakhir dan pastinya juga merupakan point penting seperti pada point-point sebelumya yang telah kita bahas. Setelah membawa pulang concealer terbaik kita, maka ini merupakan saat yang tepat untuk mencoba alias mengaplikasikan concealer pada seluruh bagian wajah dengan baik. Lalu, bagaimana cara yang tepat atau terbaik dalam pengaplikasian makeup yang satu ini?

Jawaban yang paling tepat untuk hal ini adalah dengan mengaplikasikannya terlebih dahulu pada bagian V wajah kita, alias pada daerah sekitar mata, hidung, serta alis. Bagian wajah yang satu ini merupakan bagian wajah paling sempurna dalam mengetahui kualitas makeup yang satu ini dan mengetahui apakah shading-nya sudah sesuai dengan warna kulit kita. satu hal yang perlu kita ingat lagi dalam pengaplikasian concealer adalah untuk menunggu concealer ini sampai kering terlebih dahulu sebelum kita mengaplikasikan makeup berikutnya yang kita inginkan.

Baca juga:

Nah itu tadi adalah beberapa cara memilih concealer yang sesuai dengan warna kulit kita yang pastinya sederhana dan tidaklah sulit untuk dilakukan. Sangat menyenangkan bukan untuk bermain-main dengan makeup yang satu ini dan pastinya untuk membuat kita lebih terlihat cantik dan menarik untuk orang lain? Yuk mulai cantik dari sekarang! 🙂

, , ,
Oleh :
Kategori : Kecantikan
Yuk Join KlubWanita

ig-halosehatgroup

Selain menyehatkan tubuh, ternyata cuka apel juga bisa digunakan untuk perawatan kulit loh. Yuk tonton videonya!

Klubwanita TV