8 Cara Mengatasi Anak Kurang Percaya Diri Orang Tua Wajib Tau!

67

Cara Mengatasi Anak Kurang Percaya DiriCiri ciri ibu yang baik adalah seorang ibu yang selalu menanamkan karakter pada anak sejak usia dini.

Kenapa harus menanamkan karakter? Supaya anak nantinya tidak terlalu tergantung pada orang tua dan tidak menjadi pribadi yang takut akan dunia luar.

Cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak seperti halnya membiarkan anak memilih apa yang dia senangi dan berbangga lah. Tips menjadi ibu yang sukses mendidik anak salah satunya adalah tidak membuat anak merasa di setir dan tidak membuat anak terus menuruti kemauan kita.

Sebagai seorang ibu, alangkah baiknya mendorong anak ke hal yang mereka sukai dalam batas wajar. Agar anak bisa percaya diri menghadapi masa yang akan datang. Bagaimana cara mengatasi anak kurang percaya diri, simak ulasan berikut

Cara Mengatasi Anak Kurang Percaya Diri

  1. Jangan Membandingkan Anak Dengan Orang Lain

Salah satu mengatasi anak kurang percaya diri karena terkadang orang tua sering membandingkan anaknya dengan orang lain, padahal anak tersebut jelas beda dengan anak yang lainnya karena setiap anak memiliki karakter masing- masing dalam diri mereka

  1. Usahakan Tidak Memarahi Anak Di Tempat Umum

Penyebab anak kurang percaya diri karena sebagian dari orangtua sering memarahi anak di depan umum, anak melakukan hal kecil langsung di marahi ibu atau ayahnya di depan banyak orang, hal tersebut akan membuat anak tidak percaya diri pada dirinya sendiri.

  1. Berikan Tanggung Jawab

Salah satu mengatasi anak kurang percaya diri dengan cara memberikan anak tersebut tanggung jawab, karena dengan hal itu anak akan merasa dirinya mampu mengerjakan dan rasa percaya diri mereka akan tumbuh dengan sendirinya.

  1. Biarkan Anak mengembangkan Bakat dan Minat

Mengatasi anak kurang percaya diri salah satunya dengan cara mengembang kan bakat seta minat anak, biarkan anak berkreasi sesuai dengan apa yang di pilih nya, hal itu merupakan cara menjadi ibu teladan.

  1. Selalu Mengajarkan Anak Langsung Praktik bukan Dengan Teori

Ajarkan anak praktik dalam melakukan sesuatu, agar anak tau mana yang bisa mereka lakukan, bukan hanya teori dan teori saja yang mereka tau. Hal tersebut akan mengatasi anak kurang percaya diri.

  1. Ajak Anak Berdiskusi Masalahnya

Penyebab anak tidak percaya diri salah satunya adalah orang tua selalu ikut campur dalam masalah anak, sebagai orang tua cara mengatasi anak kurang percaya diri dengan cara ajak anak berdiskusi tentang masalahnya dan biarkan anak mencari solusi.

  1. Memberikan Hadiah Sebagai Reward

Sebagai seorang ibu, pastilah ingin yang terbaik untuk anaknya, apapun akan dilakukan seorang ibu untuk mengatasi masalah anak yang kurang percaya diri, salah satu cara mengatasinya dengan cara memberikan hadiah sebagai reward, memang hal itu adalah salah satu tanggung jawab ibu terhadap anaknya

  1. Bermain Dengan Anak Di Akhir Pekan

Akhir pekan merupakan waktu dimana keluarga berkumpul, bukan? maka saat itulah yang tepat untuk bermain bersama anak dan mengetahui apa yang jadi penyebab anak tidak percaya diri, dan menjadikan ajang motivasi anak lewat bermain bersama.

Nah, itu dia 8 Cara Mengatasi Anak Kurang Percaya Diri. Sebagai seorang ibu, memang memiliki tanggung jawab yang besar terhadap anak dan keluarganya. Hal itu merupakan salah satu ciri- ciri ibu yang baik dan pengertian untuk anak- anaknya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk seorang ibu dalam mengatasi anak kurang percaya diri.