Sponsors Link

10 Penyebab Kista pada Wanita yang Sering Diremehkan

Sponsors Link

10 Penyebab Kista pada Wanita yang Sering Diremehkan

ads

Berbeda penyakit, berbeda pula penyebabnya dan obatnya. Tak terkecuali dengan penyakit yang dapat menyerang kaum hawa yang satu ini, yaitu kista. Kista sendiri bukan hanya terdiri dari satu macam jenis, namun beragam dengan beragam penyebab yang melatarbelakangi pula.

Kista sendiri merupakan tumor jinak yang biasanya berisi cairan atau pun nanah dengan bentuk tertentu. Walau sebenarnya penyakit ini tidak tergolong kanker, namun bukan berarti penyakit ini aman-aman saja, terutama bila terjadi di area vital tubuh. Penyakit kista menjadi lebih berbahaya karena keberadaannya yang jarang diketahui.

Kalau tubuh sedang terserang alergi, muncul bintik merah atau gatal pada tubuh. Namun berbeda dengan hal tersebut, kista seringkali tidak disadari keberadaannya.  Oleh karena itu, bisa jadi penanganan tumor jinak ini menjadi terlambat dan akhirnya sulit dilakukan. Karena itu, penting bagi kamu untuk mengenali dan menghindari penyebab kista pada wanita ya, ladies. Sebisa mungkin deh, kamu hindari penyebab-penyebab yang mungkin demi kesehatanmu dibawah ini :

  1. Konsumsi obat kontrasepsi

Tidak ada yang salah dengan menggunakan pil KB sebagai alat kontrasepsi pilihan, ladies. Hanya saja, konsumsi yang tidak sesuai aturan, baik terlalu banyak atau tidak teratur ternyata dapat membahayakan kesehatan, lho. Ketidakcocokan dengan pil KB juga dapat memicu ketidak seimbangan hormone yang kemudian menimbulkan kista, nih.

  1. Menstruasi dini

Belakangan ini, akibat gaya hidup yang sudah berubah jauh, banyak sekali perempuan yang secara umur masih sangat belia, namun sudah mengalami menstruasi. Kalau dulu umumnya menstruasi dialami siswi SMP ataupun SMA, kini siswi SD kelas 4 ataupun 5 sudah ada yang mengalami menstruasi lho, ladies. Ketika menstruasi terjadi terlalu dini, maka bukan tidak mungkin terjadi gangguan pada system hormone.

Hormon yang bertugas memproduksi folikel dan melepaskan sel telur tidak berjalan lancar sehingga memicu terbentuknya kista, khususnya kista folikel. Bagi kamu yang mengalami menstruasi tidak teratur, maupun menstruasi dini, usahakan menjalani pola hidup yang sehat.

  1. Obat penyubur

Sistem kerja obat penyubur adalah dengan mempercepat dan memperbanyak penghasilan folikel yang ternyata tidak semuanya mampu melepaskan sel telur. Folikel yang seperti inilah yang dapat nantinya memicu terbentuknya kista alih-alih sel telur. Oleh karena itu, tidak begitu disarankan mengkonsumsi obat penyubur, apalagi yang mengandung clomyd, untuk jangka waktu panjang. 

Sponsors Link

  1. Pola makan

Makanan berlemak yang tidak sehat memang enak dan menggoda, bukan? Namun sadari bahwa makanan yang tidak sehat, tidak seimbang, dan mengandung banyak lemak dapat membahayakan kesehatan. Bukan hanya membuat berat badan berlebih, penyakit jantung, dan gangguan organ lain, melainkan juga memicu kista.

Konsumsi lemak berlebih dapat mengacaukan kestabilan hormon dalam tubuh dan kemudian menimbulkan kista. Pastikan pola makanmu sehat dan seimbang ya, ladies. Hindari lemak berlebih, hindari juga bahaya sering makan mie instan bagi wanita, ladies. Perbanyak konsumsi sayur dan buah yang mengandung  banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh alih-alih mengkonsumsi junk food yang berlemak tinggi untuk kepuasan mulut semata.

  1. Stress

Tidak ada hal baik yang akan dihasilkan oleh stress. Bukan hanya mengganggu aktivitas, produktivitas, sampai kualitas hubungan social saja, stress juga membahayakan kesehatanmu tanpa kamu sadari, ladies. Walau kadang situasi membuatmu stress dan tak tahu harus bagaimana, kamu perlu mengerti bagaimana mengatasi stress yang kamu alami tanpa membahayakan dirimu.

Ketika kamu stress berlebihan tanpa ditangani, maka hal tersebut akan mengganggu kestabilan hormonmu. Kemudian, ketidakseimbangan hormon ini akan mengganggu siklus pembentukan sel telur dan memicu pembentukan kista. Alih-alih stress, bukankah lebih baik mempraktekkan cara menjadi wanita paling bahagia

ads

  1. Kelebihan berat badan

Ternyata, berat badan berlebih bukan hanya mengganggu penampilan, namun mengundang berbagai penyakit , termasuk menjadi penyebab kista pada wanita. Tubuh yang mengandung lemak berlebih dengan bobot yang terlalu berat dapat menimbulkan ketidakseimbangan hormon yang nantinya juga akan mengganggu produksi sel telur.

Untuk itu, cek lagi deh, sudahkah berat badanmu ideal? Bukan semata memperbaiki bentuk tubuh, namun kamu perlu melakukan langkah untuk menjaga kesehatanmu dengan berolahraga teratur dan menjaga pola makan yang sehat. Carilah cara mengatur pola makan untuk diet yang paling sesuai denganmu. Pastikan cara menurunkan berat badan yang kamu pilih aman ya, ladies.

  1. Genetik

Bukan tidak mungkin, mengalami kista walau sudah menjalani hidup yang sehat. Hal ini disebabkan karena faktor keturunan atau genetik yang dapat memicu ketidakseimbangan hormon dan kista. Untuk mencegah faktor genetic yang menyebabkan kista, yang dapat kamu lakukan adalah dengan sebisa mungkin menjalani pola hidup yang sehat agar tidak memperparah.

  1. Kebiasaan begadang

Begadang mungkin memang tidak menyebabkan kista secara langsung. Namun, kurangnya istirahat dapat menurunkan kekebalan tubuh. Ketika tubuh sudah tidak lagi kuat dan kebal, maka penyakit lebih muda menjangkit, termasuk kista, apabila faktor lain juga mendukung terbentuknya kista. Selain untuk mencegah kista, istirahat cukup juga merupakan cara menjadi ibu hamil yang sehat, lho

  1. Merokok dan alkohol

Sejauh ini, belum ada yang mengatakan rokok itu baik  bagi kesehatan, bukan? Jika kamu tidak ingin terkena kista, biasakan menjalani pola hidup sehat yang tidak hanya terdiri dari olahraga dan pola makan seimbang, namun juga terhindar dari kebiasaan merokok sehingga kamu terhindar dari akibat merokok bagi wanita. Sadari juga, bahaya alkohol bagi wanita yang dapat memicu kista.

  1. Infertilitas

Gagalnya kehamilan dengan tingginya intensitas hubungan namun tidak adanya penggunaan alat kontrasepsi  ternyata juga dapat memicu penyakit kista.

Kalau kamu menganggap pengetahuan mengenai penyebab kista pada wanita tidaklah penting, maka mungkin kamu perlu berpikir lebih lagi, nih. Memang, mengenali obat penyakit kista pada wanita juga penting.

Namun, ketika menangani penyakit yang tidak begitu mencolok dan sulit dideteksi, kamu perlu tahu bukan, penyebab yang dapat memicunya? Dengan demikian kamu tidak lagi melakukan hal-hal yang menyebabkan dan memperparah penyakitmu lebih lagi. Kenali penyebabnya, gejala kista pada wanita ,hindari dan jalani hidup sehat yang menurunkan resiko terkena penyakit kista.

, , , , ,