Sponsors Link

7 Cara Mengatasi Anak Galak dan Tidak Ramah

Sponsors Link

ads

Cara Mengatasi Anak GalakAnak-anak yang galak dan tidak ramah kepada orang lain tetap saja terlihat lucu dan menggemaskan. Meski begitu, sikap anak yang selalu galak sama anak seusianya dan juga orang lain tidak akan baik untuk dirinya jika terus dibiarkan. Sebaiknya segera atasi agar sifatnya yang galak ini tidak terbawa hingga dewasa. Berikut cara mengatasi anak galak, simak yuk.

1. Kenali dulu penyebab anak bersikap galak.

Sebagai langkah awal, ketahui dulu penyebab anak galak dan suka marah kepada orang lain. Dengan mengetahui faktor penyebab anak jadi galak maka akan lebih mudah untuk menghentikan sikap anak agar tidak lagi galak. Ciri-ciri ibu yang baik itu harus menemukan dulu akar dari permasalahan anak.

2. Mulai memilah tontonan anak.

Anak berubah menjadi galak bisa saja karena ia meniru apa yang ia lihat, salah satunya tontonan televisi yang ada unsur kekerasannya. Mulailah memilih program TV yang boleh di tonton anak dengan menghilangkan tontonan yang berbau kekerasan dan tidak memberikan manfaat yang positif untuk tumbuh kembang anak. Sudah tanggung jawab ibu terhadap anak untuk mengarahkan anak ke hal yang positif.

3. Berikan pengertian pada anak bahwa bersikap galak itu tidak baik.

Apa pun penyebab anak menjadi galak dalam kesehariannya, penting sekali untuk mengajarkan anak bersikap baik dan sabar. Berikan pengertian yang mudah dipahami anak bahwa sikapnya yang seperti itu tidak baik dan bisa membuat ia kehilangan teman bermain.

4. Tegaskan pada anak agar tidak lagi bersikap galak.

Cara mengatasi anak galak adalah dengan menegaskan pada anak bahwa ia tidak boleh lagi bersikap galak kepada siapa pun. Tegas bukan berarti memarahi anak, namun menekankan pada anak agar ia tidak lagi bersikap galak dan kasar kepada siapa pun. 

5. Dekati anak agar ia mau terbuka dengan apa yang dirasakannya.

Terkadang anak merasa takut untuk bercerita kepada orang tuanya sehingga ia melampiaskan perasaan tidak nyaman, marah, kesal, takut atau perasaan tidak enak lainnya dengan bersikap galak. Maka dari itu, cobalah dekati anak dengan cara menjadi ibu yang baik dan sabar bagi anak yang mau mendengar setiap keluh kesahnya.

Iringi dengan memberikan nasehat yang baik untuk anak. Pendekatan seperti ini juga ampuh sebagai
cara sabar menghadapi anak rewel. Tindakan ini juga merupakan peran ibu dalam psikologis anak usia dini

Sponsors Link

6. Berikan contoh teladan pada anak.

Anak masih membutuhkan sosok panutan dan teladan yang bisa menuntunya menjadi pribadi yang baik. Berikan contoh yang baik dengan cara menjadi ibu teladan untuk anak dalam bersikap. Mungkin saja sikap anak yang galak terbentuk karena sering melihat orang disekitarnya marah-marah. Simak juga cara menjadi ibu yang sholehah yang menjadi contoh baik bagi anak.

7. Berikan perhatian dan kasih sayang lebih pada anak.

Anak yang kekurangan kasih sayang dan perhatian juga cenderung bersikap kurang baik dan tidak ramah sebagai bentuk protes anak kepada orang tua. Maka dari itu fokuslah dalam memberi perhatian dan berkasih sayang kepada anak dengan cara menjadi ibu yang menyenagkan.

Dengan begitu anak akan merasa lebih aman dan nyaman dan juga dapat merasakan lembutnya kasih sayang. Bonusnya, ini juga merupakan cara menjadi ibu yang dicintai anaknya.

Itulah 7 cara mengatasi anak galak dan tidak ramah kepada orang lain. Yang penting selalu belajar cara melatih kesabaran menghadapi anak.

, , ,
Oleh :
Kategori : Parenting
Search
Yuk Join KlubWanita

ig-halosehatgroup

Sekarang ini banyak sekali masker instan yang mudah kita dapatkan di toko toko produk kecantikan. Namun banyak juga kita temui efek sampingnya. Oleh karena itu, mengapa tidak kita coba beralih ke yang alami? berikut Manfaat Masker Kopi dan Gula untuk Wajah dan cara membuatnya