7 Cara Mengatasi Anak Idiot atau Retardasi Mental

497

Cara mengatasi anak idiotAnak idiot adalah anak yang mengalami keterbelakangan mental dikarenakan berbagai faktor penyebab. Anak idiot juga memiliki IQ dibawah normal dari anak lainnya. Sebagai orang tua, janganlah bersedih jika harus membesarkan anak yang memiliki retardasi mental ini.

Bagaimana pun juga anak adalah titipan Tuhan yang harus kita rawat dengan baik. Baiknya simak cara mengatasi anak idiot berikut ini yang jelas berbeda dengan cara mengatasi anak autis.

1. Latih kemandirian anak dengan memberikan pekerjaan ringan.

Anak idiot memiliki keterbatasan dalam berbahasa dan tidak bisa melakukan banyak tugas seperti orang normal. Namun tetaplah berikan latihan pada anak untuk melakukan tugas-tugas ringan terlebih untuk bisa mengurus dirinya sendiri. Ini adalah cara mendidik anak agar pintar dan terampil meski menderita keterbelakangan mental.

2. Tetap berikan pengawasan pada anak hingga ia dewasa.

Anak idiot sulit untuk bisa hidup mandiri karena kelemahan dan keterbatasan kemampuan yang ia miliki. Oleh karena itu tetaplah awasi anak bahkan setelah ia tumbuh dewasa nanti. Ini adalah cara menjadi ibu yang baik buat anak keterbelakangan mental yang perlu pengawasan.

3. Anak idiot perlu dibimbing dalam melakukan pekerjaan.

Cara mengatasi anak idiot berikutnya adalah dengan terus memberikan bimbingan ada anak. Meski anak sudah sering dilatih, tetap  saja anak masih harus dibimbing dan diawasi untuk menghindari terjadinya kesalahan.

4. Ajarkan anak ilmu keterampilan sebagai bekal hidup kelak.

Anak idiot yang masih bisa diajarkan untuk membuat berbagai keterampilan perlu terus dilatih agar kemampuannya terus berkembang. Keterampilan ini akan sangat bermanfaat untuk bekal kehidupan anak kelak. Ini bisa menjadi tips menjadi ibu yang sukses mendidik anak keterbelakangan mental.

5. Anak idiot juga perlu mengenyam pendidikan.

Mengalami keterbelakangan mental, bukan berarti anak tidak berhak mendapatkan pendidikan. Sekarang anak sudah ada sekolah-sekolah yang siap memberikan pendidikan dasar untuk anak idiot yang dinamakan SLB (Sekolah Luar Biasa). Ingatlah, tanggung jawab ibu terhadap anaknya adalah mengupayakan segala yang terbaik untuk anaknya. 

6. Perlakukan mereka sama dengan anak normal lainnya.

Jangan jadikan keterbelakangan mental pada anak idiot sebagai alasan untuk mendiskriminasinya. Jangan perlakukan ia berbeda dengan anak normal lainnya. Sebaliknya, anak idiot keterbelakangan mental membutuhkan perhatian khusus dari orang tuanya. Ciri- ciri ibu yang baik tidak akan berlaku tidak adil pada anak yang idiot. Sebaiknya orang tua harus tahu juga cara melatih kesabaran menghadapi anak idiot ini.

7. Cukupi nutrisi pada anak bahkan saat anak masih dalam kandungan.

Salah satu penyebab anak idiot adalah gangguan gizi berat pada anak baik setelah lahir atau saat masih berada dalam kandungan. Oleh karena itu penting sekali memakan makanan bergizi saat hamil, menyusui dan juga perhatikan kandungan gizi pada menu MPASI untuk bayi 0-6 bulan.

Demikianlah 7 cara mengatasi anak idiot keterbelakangan mental. Meski tidak banyak yang bisa dilakukan untuk menormalkan anak idiot, sebagai orang tua tetaplah berikan kasih sayang yang tulus dalam merawatnya. Simak juga cara mengatasi anak disleksia yang mengalami kesulitan dalam belajar dan cara mengatasi anak korban bullying dengan cara menumbuhkan rasa percaya diri anak.