7 Cara Mengatasi Anak Disleksia yang Kesulitan dalam Belajar

82

Cara Mengatasi Anak DisleksiaDisleksia merupakan suatu gangguan belajar yang di alami oleh anak karena adanya perbedaan cara kerja otak dalam mengolah informasi. Kelainan ini akan membuat anak menjadi kebingungan saat membaca dan belajar serta saat menghubungkan suara dari suatu huruf atau mengeja.

Yah, mendidik anak tentu berbeda ya dengan cara mengatasi anak yang susah makan. Baiknya simak yuk cara mengatasi anak disleksia yang kesulitan dalam belajar.

  1. Lebih sering membacakan buku cerita.

Bacakan buku cerita yang sama untuk anak secara berulang-ulang untuk meningkatkan kemampuan anak dalam memahami suatu cerita dan agar ia tidak lagi merasa asing dengan cerita dan tulisan. Meski bosan, tetaplah sabar karena inilah cara menjadi ibu yang dicintai anaknya.

Sesekali, berikan juga waktu untuk anak belajar membaca sendiri tanpa dibantu sebagai cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak dalam belajar.

  1. Belajar menggunakan pasir atau krim.

Tebarkanlah pasir atau whipping krim di atas meja dan mintalah anak untuk menulis satu kata sambil mengeja bunyi dari setiap huruf tersebut. Kegiatan ini akan menggabungkan indra penglihatan, gerakan, sentuhan dan suara yang bisa membantu anak belajar lebih baik. Sudah menjadi tanggung jawab ibu terhadap anak ya dalam membantu anak belajar.

  1. Latihan menggunakan balok huruf.

Gunakan metode belajar yang seru menggunakan balok huruf warna warni dengan mengelompokkan huruf konsonan dan huruf hidup dengan warna berbeda. Selagi anak menyusun balok huruf mintalah anak untuk mengeja bunyi dari huruf. Hindari juga bahaya gadget untuk anak yang bisa membuatnya malas belajar.

  1. Belajar menulis di udara.

Kegiatan ini adalah cara mengatasi anak disleksia yang akan membantu anak untuk membayangkan bentuk huruf yang ditulis dengan imajinasinya dan mintalah ia mengeja bunyi huruf dengan keras. Ini akan memperkuat hubungan antar suara melalui memori otot.

  1. Belajar menggunakan ketukan jari.

Ajarkan anak untuk menggunakan ketukan jari saat mengeja huruf agar ia bisa merasa, meraba dan mendengar huruf-huruf merangkai satu kata. Seperti kata ‘Budi’, mengetuk ibu jari untuk huruf B, jari manis dan ibu jari untuk huruf U, jari tengah dan ibu jari untuk D dan kelingking untuk huruf i. Ini adalah cara menjadi ibu kreatif dalam membantu anak disleksia. 

  1. Membaca bersama anak.

Ajaklah anak untuk membaca buku bersama sambil meminta anak memperhatikan setiap kalimatnya. Disini anda bisa meminta anak untuk menggaris bawahi setia kosa katanya. Ini adalah cara menjadi ibu ideal dalam mengajari anak belajar.

  1. Menggunakan bantuan gambar.

Belajar dengan bantuan gambar akan lebih mudah bagi anak dalam mencerna dan mengingat huruf yang dipelajarinya. Seperti membuat angka 2 yang hubungkan dengan gambar angsa. Ini adalah tips menjadi ibu yang baik untuk anak yang mengupayakan banyak cara untuk membantu anak belajar.

Demikianlah 7 cara mengatasi anak disleksia yang mengalami kesulitan belajar. Simaklah cara menjadi ibu modern agar bisa terus bisa menemukan banyak informasi dalam mendidik anak disleksia ini. Jangan lupa untuk motivassi anak sebagai cara mengatasi anak pemalu di sekolah karena keterlambatan dalam belajar.