Mom, Begini 7 Cara Mengatasi Anak Tidak Mau Minum Susu dengan Mudah

58

Cara Mengatasi Anak Tidak Mau Minum SusuSusu sangat penting untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan karena bermanfaat dalam pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Juga, vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam susu bagus untuk perkembangan otak anak.

Sangat disayangkan sekali jika anak tidak mau minum susu dan sulit sekali untuk membujuknya. Padahal minum susu ini juga termasuk salah satu cara mengatasi anak gizi buruk. Bagaimana cara mengatasi anak tidak mau minum susu? Simak yuk, Mom.

1 . Mengkreasikan susu menjadi olahan makanan atau minuman yang enak

Jika anak tidak mau minum susu atau tidak doyan susu, cobalah dengan cara menjadi ibu kreatif yang bisa mengolah susu menjadi aneka olahan makanan dan minuman. Bisa dengan mengolah susu menjadi ice cream atau minuman susu dengan tambahan varian rasa dan topping seperti cream, keju, coklat parut atau bubble. Kreasikan juga susu dalam menu sarapan pagi untuk si kecil, seperti sereal misalnya.

2. Mengganti susu dengan keju dan yoghurt

Jika anak masih tidak suka minum susu, coba dengan menggantinya dengan keju atau yoghurt. Kedua olahan susu ini sudah mengaburkan rasa susu yang si kecil tidak suka. Keju dan yoghurt ini juga lebih mudah untuk diolah menjadi resep sarapan praktis pagi hari untuk si kecil.

3. Berikan tambahan nutrisi dari sumber makanan lain

Susu memang bukan satu-satunya sumber nutrisi bagi anak, jika akan memang ngotot tidak suka susu sama sekali, cara mengatasi anak tidak mau minum susu terbaik adalah dengan memvariasikan menu makanan anak dari sumber lain, seperti sayuran hijau tua, kacang-kacangan, buah-buahan, kuning telur, ikan (terutama salmon, sarden dan tuna), hati sapi, daging ayam dan sapi. Variasikan sumber nutrisi ini dalam menu MPASI untuk bayi 6 bulan. Tindakan ini juga berlaku pada cara mengatasi anak alergi susu sapi.

4. Gunakan ukuran dot yang pas

Anak yang masih bayi tentu minum susu menggunakan dot, jika anak tidak mau minum susu dengan dot, cobalah ganti dot dengan ukuran yang lebih sesuai. Mungkin saja ukuran dot terlalu besar atau kekecilan sehingga membuat anak kesulitan yang akhirnya menjadi malas untuk meminum susu. Memilih ukuran dot yang pas ini juga merupakan cara mengatasi anak gumoh

5. Coba ganti varian susu dan takar untuk mendapatkan rasa yang pas

Terkadang ada merek susu tertentu yang disukai anak dan ada juga yang tidak disukai anak. Oleh karena itu, cobalah ganti merek susu dan varian rasanya, seperti rasa madu dan vanila.

Juga buatlah susu dengan takaran yang pas agar tidak terlalu hambar atau terlalu pekat yang membuat anak menjadi eneg.

6. Ketahui penyebab lain anak tidak mau minum susu

Ketika anak tiba-tiba menolah minum susu, cobalah cari tahu penyebabnya, Mungkin saja ada yang membuat anak merasa tidak nyaman seperti tumbuh gigi yang menimbulkan rasa nyeri di gusi. Ciri-ciri ibu yang baik itu harus cermat dalam mengetahui perkembangan anak.

7. Ganti susu hangat dengan susu dingin

Biasanya anak diberikan susu hangat, cobalah berikan anak susu yang sedikit lebih dingin. Susu dingin terasa lebih lezat dibanding susu hangat, jadi cara ini patut untuk dicoba. Boleh juga dengan mengganti varian rasa susu anak, jika biasanya diberikan rasa vanila atau madu, kini cobalah ke rasa coklat atau strawberry yang lebih lezat.

Begitulah 7 cara mengatasi anak tidak mau minum susu ya, Mom. Memang sudah menjadi tanggung jawab ibu terhadap anak untuk memastikan anak cukup nutrisi hariannya dengan banyak cara. Tips menjadi ibu yang baik untuk anak adalah bisa menemukan solusi yang tepat untuk setiap masalah perkembangan anak.