Inilah 6 Cara Menghadapi Anak Nakal dan Bandel

23

Tingkah laku anak yang bandel dan nakal tidak akan ada habisnya yang sukses membuat orang tua sukses menghadapinya. Setiap hari akan ada tingkah baru anak yang sulit untuk dihentikan. Anak yang nakal dan bandel sulit untuk diberitahu dan dinasehati karena ia lebih suka melakukan apa yang ia inginkan daripada apa yang orang tua perintahkan.

Anak yang nakal dan bandel juga sukses membuat orang tua terkadang menyerah serta hilang kesabaran menghadapi sikapnya anak ini. Berikut adalah cara menghadapi anak nakal dan bandel yang bisa orangtua coba terapkan dirumah.

1. Dekati anak dan berikan nasehat

Cara tepat memberikan nasehat kepada anak adalah dengan melakukan pendekatan terlebih dahulu kepadanya. Pendekatan yang dilakukan ini bertujuan agar nasehat yang diberikan lebih mudah diterima dan dicerna serta dipahami anak ketimbang memberikan nasehat dalam keadaan emosi dan marah-marah yang justru membuat anak malas Mendengarkan nasehat tersebut dan memilih untuk mengabaikannya.

2. Buatlah aturan yang harus dipatuhi oleh anak

Untuk mendisiplinkan anak yang bandel dan nakal agar mau patuh adalah dengan membuat aturan yang harus dipenuhi oleh anak. Peraturan yang dibuat jika tidak dipenuhi oleh anak maka berikanlah sebuah konsekuensinya agar anak mau mentaai peraturan tersebut. Lakukanlah secara konsisten agar anak bisa merubah sikap untuk tidak nakal lagi. Hukuman berlaku juga untuk cara mengatasi anak laki-laki nakal dan suka berkelahi.

3. Hindari bersikap keras dan kasar

Cara menghadapi anak nakal dan bandel yang seringkali dilakukan orang tua adalah memarahi anak dengan keras jika sudah hilang kesabaran. Sebaiknya hindari sikap seperti ini karena anak akan sikap meniru sikap orang tua saat marah. Ciri-ciri ibu yang baik haruslah pandai mengontrol emosi dalam mendidik anak.

Jadi ketika anak merasa marah, yang terjadi adalah ia  akan mengeluarkan emosi tersebut seperti apa yang dilakukan orang tuanya, yakni  dengan bersikap kasar.  Tetaplah hadapi kenakalan anak dengan bersikap baik, pelajari juga tips sabar menghadapi anak kecil agar ini sebagai cara menjadi ibu yang baik buat anak.

4. Peringatkan anak dengan tegas

Hal yang bisa dilakukan orang tua sebagai cara menghadapi anak nakal dan bandel adalah dengan memberikan peringatan kepada anak agar ia mau menghentikan kenakalannya. Berikan peringatan dengan tegas bukan dengan keras. Ingatkan kembali konsekuensi yang harus diterima jika ia tidak mendengar kata orang tua.

5. Jadilah role model yang baik bagi anak

Anak akan tumbuh dan berkembang serta mengadopsi apa yang dapat dari lingkungannya salah satunya yang berperan besar adalah orang tua. Maka dari itu sangat penting sekali bagi orang tua untuk bersikap baik dan memberikan contoh yang baik kepada anak.

Juga, ciptakan lingkungan yang baik dan memberikan pengaruh positif bagi anak. perkembangan anak. Sosok panutan sangatlah penting sebagai cara menghadapi anak nakal umur 3 tahun, tentunya dengan cara menjadi ibu teladan.

6. Ajarkan anak tentang kebaikan

Snak yang masih dini belum paham apa itu yang baik dan yang buruk sehingga mereka tidak bisa membedakannya. Itulah mengapa orang tua dituntut untuk terus memberikan nasehat kebaikan kepada anak agar anak tahu mana yang baik dan mana yang salah. Nasehat harus selalu diberikan sebagai cara mengatasi anak yang nakal.

Begitulah 6 cara menghadapi anak nakal dan bandel. Simak juga cara menghadapi anak nakal dan bandel di kelas, tips menjadi ibu yang sukses mendidik anak dan cara mengatasi anak yang suka melawan orang tua.