6 Cara Menghadapi Anak Ngamuk Agar Mudah Ditenangkan

22

Kalau anak sudah ngamuk orang tua pun pasti ikut-ikutan panik kalau anak sulit sekali ditenangkan. Tak jarang orang tua yang kehabisan akal membujuk anak pun berakhir dengan emosi melihat sikap anak yang tidak mau diam dan masih saja terus mengamuk ini. Cara termudah menenangkan anak yang ngamuk ini tentu saja dengan menuruti keinginannya. Hanya saja terkadang situasi dan kondisinya tidak memungkinkan untuk memenuhi kehendak anak tersebut. Sedikit tips, inilah beberapa cara menghadapi anak ngamuk agar mau tenang.

1. Peluk dan dekap anak dalam beberaa saat

Tempat yang paling nyaman dan menenangkan adalah pelukan ibu. Saat anak mengamuk, cobalah memeluknya erat, teruslah dekap sambil mengusap punggung anak dengan lembut meski anak terus memberontak. Jangan lupa ucapkan kata-kata yang bisa menenangkan anak.

2. Segera alihkan perhatiannya

Agar anak berhenti mengamuk, alihkan perhatiannya pada objek atau hal lain yang lebih menarik. Sebisa mungkin pada hal-hal yang ia sukai atau yang biasanya membuat ia senang dan tak bisa menolaknya. Atau objek baru yang biasanya sukses menyita perhatian anak. Hal ini juga bisa dilakukan dalam cara mengatasi anak cepat marah dan cara mengatasi anak galak.

3. Bawa anak berpindah tempat

Cara menghadapi anak ngamuk saat berada di luar rumah atau di tempat umum adalah dengan cara membawa anak berpindah ke tempat lain yang lebih sepi. Selain agar anak tidak menjadi pusat perhatian orang banyak, juga untuk mencoba menenangkan anak. Anak mengamuk mungkin merasa tidak nyaman, tempat baru yang beratmosfir berbeda dari tempat sebelumnya kemungkinan bisa membuat anak jadi lebih tenang. Ketahui juga tips sabar mengahadapi anak kecil ya.

4. Bujuk dengan memenuhi keinginannya

Keempat, cara menghadapi anak ngamuk paling mudah adalah dengan memenuhi keinginannya. Jika keinginannya tidak memungkinkan maka Pilihlah dengan keinginan lain yang lebih mudah untuk di turuti. Atau cobalah untuk berjanji dengan anak untuk memenuhi keinginannya esok atau lusa. Ini berlaku juga untuk cara menghadapi anak marah karena kesal dengan orangtua.

5. Biarkan anak melepas emosinya

Selayaknya orang dewasa, jika sedang marah, ingin rasanya untuk melepaskan emosi tersebut daripada memendamnya. Begitu juga dengan anak, saat anak marah biarkan ia melepaskan emosinya agar  perasaannya jadi lega.

Hanya saja orang tua juga perlu memberikan pemahaman pada anak bagaimana cara mengendalikan perasaan marah tersebut. Juga berlaku untuk cara mengatasi anak cepat marah dan cara mengatasi anak emosional tanpa sebab yang jelas karena juga ada peran ibu dalam psikologi anak usia dini yang sekaligus merupakan fungsi ibu dalam keluarga.

6. Bantu anak atasi permasalahannya

Menjadi marah dan kesal karena bingung menghadapi masalahnya sendiri. Dalam keadaan ini orang tua bisa menawarkan diri kepada anak untuk membantu menyelesaikan masalah yang ia hadapi.

Ajak anak bicara dari hati ke hati agar ia mau mengungkapkan apa yang sebenarnya ia rasakan, agar orangtua pun tahu sikap apa yang mau diambil yang sesuai dengan keinginan anak. Ciri-ciri ibu yang baik selalu ada solusi untuk anaknya, terutama dalam cara menghadapi anak baru gede yang baru mengenal lebih banyak tentang dunia.

Begitulah 6 cara menghadapi anak ngamuk agar mudah menenangkannya. Simak juga cara mengatasi anak ngambek, Cara menjadi ibu yang baik buat anak dan tanggung jawab ibu terhadap anak.