Tanpa Kekerasan, Begini 6 Cara Menghadapi Anak Nakal Umur 3 Tahun

12

Sebagai ibu, kita semua setuju bahwa mendidik anak itu tidaklah mudah. Baik di usia dini, remaja hingga ia beranjak dewasa, selalu ada dilema yang dirasakan ibu kala mendidik, karena setiap masanya, kenakalan dan perilaku anak akan berbeda pula. Khusus anak usia 3 tahun yang masih sulit memahami didikan yang diberikan, ada nih beberapa cara menghadapi anak nakal umur 3 tahun yang bisa disimak.

1. Bangun kedekatan dan komunikasi yang terbuka dengan anak

Semakin dekat hubungan antara orang tua dengan anak, maka akan lebih mudah untuk memberikan penasehat dan arahan ada anak. Begitu juga sebaliknya, hubungan ibu dan anak yang kurang baik, akan sulit bagi si ibu untuk menasehati karena tidak mudah pula si anak memahami maksud dari ibunya. Begitu juga cara mengatasi anak remaja yang susah diatur maupun cara mengatasi anak yang susah diatur di usia dini.

2. Bijaklah dalam menasehati anak

Cara menghadapi anak nakal umur 3 tahun yang umum dilakukan oleh orang tua adalah dengan memarahi anak. Tapi ingatlah anakan mengambil contoh dari orang tuanya, seperti meniru emosi sifat dan perilaku yang ditunjukkan oleh orang tuanya. Oleh karena itu bijaklah dalam mendidik dan menasehati anak, seperti menghindari perlakuan atau kata-kata kasar kepada anak dan tidak menghukumnya dengan kekerasan.

3. Bantu anak mengendalikan emosinya

Menghadapi kenakalan anak dengan emosi juga akan membuat anak makin tidak terkontrol emosinya. Maka dari itu, cara menghadapi anak nakal umur 3 tahun yang tepat adalah dengan membantu anak mengendalikan emosinya. Bagaimana pun juga, peran ibu dalam psikologi anak usia dini sangatlah penting, jadi memarahi anak nakal jangan dengan kekerasan yang menyebabkan mental anak bisa terganggu.

Karena anak nakal umumnya juga tidak pandai dalam mengendalikan diri dan emosinya sendiri. Cara menjadi ibu yang baik buat anak adalah dengan membantu anak menjadi pribadi yang baik, bukan hanya menyalahkan anak karena kenakalannya.

4. Nasehati setelah anak meluapkan emosinya

Saat anak berada dalam kondisi emosi yang tidak stabil, biarkan anak untuk meluapkan emosinya terlebih dahulu. Mungkin dengan menangis atau marah, setelah emosinya lepas, perasaan anak akan lega dan inilah waktu yang tepat bagi orang tua untuk memberikan nasihat, arahan, dan pemahaman pada anak.

5. Alihkan perhatian anak ke kegiatan yang positif

Saat anak nakal tak mau mendengar perkataan orang tua, seperti saat anak tidak mau berhenti mengganggu pekerjaan orang dewasa, cobalah untuk mengalihkan perhatian anak pada kegiatan yang positif. Seperti mengajak anak mendengarkan buku dongengnya atau bermain bermain bersama anak. Bisa juga melakukan kegiatan lain yang bisa melatih kemandirian anak.

6. Kenalkan konsekuensi pada anak

Mengenalkan konsekuensi pada anak juga merupakan langkah untuk mengajarkan anak kedisiplinan. Juga, mengenalkan konsekuensi pada anak nantinya akan membuat anak terdidik untuk disiplin.

Ini merupakan cara mengatasi anak yang nakal di usia 3 tahun, namun berikan hukuman yang sesuai dengan usia anak ya, Bun. Konsekuensi berupa hukuman juga bisa diterapkan untuk cara mengatasi anak yang suka melawan orang tua.

Itulah 6 cara menghadapi anak nakal umur 3 tahun yang juga menjadi tips menjadi ibu yang sukses mendidik anak. Di samping itu belajar juga cara melatih kesabaran menghadapi anak nakal dan cara menjadi ibu teladan yang baik bagi anak serta cara sabar menghadapi anak rewel kala tidak enak badan.