Bunda, Simak 9 Manfaat Madu untuk Anak dari Segi Kesehatan Ini

29

Manfaat Madu untuk AnakSemua pasti setuju jika ciri-ciri ibu yang baik salah satunya adalah yang selalu menjaga kesehatan anak dan seluruh anggota keluarganya. Menjaga kesehatan tubuh tak hanya bisa dicapai dengan berolahraga. Mengkonsumsi makanan yang tepat pun dapat berpengaruh besar. Madu adalah hadiah terbaik dari alam bagi kesehatan manusia. Selain rasanya yang lezat, khasiatnya pun tak perlu diragukan lagi. Anak-anak juga suka dengan madu. Baca manfaat madu untuk anak yang dapat meningkatkan kesehatannya dalam daftar berikut ini.

1. Kaya akan vitamin dan mineral

Cara menjadi ibu teladan tentunya adalah selalu dengan mencontohkan anak budaya hidup sehat, salah satunya dapat dimulai dengan mengkonsumsi madu. Madu diperkaya dengan vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan anak. Campurkan madu dalam beragam sajian supaya anak tidak bosan dengan mengkonsumsinya dalam bentuk mentah.

2. Melindungi kesehatan liver

Fungsi ibu dalam keluarga tentunya sangat penting, apalagi dalam menjaga kesehatan anak. Agar anak terhindar dari penyakit berbahaya, seperti hepatitis, maka Anda dapat memberikan madu untuk anak supaya kesehatan liver-nya selalu terjaga. Selain itu, madu juga membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

3. Menyembuhkan radang tenggorokan

Tak dapat terelakkan lagi jika tanggung jawab ibu terhadap anak sungguh besar, khususnya dalam aspek kesehatan. Jika anak sakit sekali saja, rasanya pasti sangat menyakitkan bagi ibu. Jika si buah hati terserang radang tenggorokan, Anda bisa memberinya madu untuk meringankan rasa sakit tersebut. Anda juga bisa mengolahnya dalam beragam jenis minuman hangat untuk melegakan tenggorokan.

4. Mengobati sakit gigi

Ketika sakit gigi, pasti segalanya terasa tidak nyaman, termasuk untuk anak. Jika Anda kebingungan seperti apa cara sabar menghadapi anak rewel ketika sakit gigi, Anda harus memberikan pengobatan yang tepat. Pasta yang terbuat dari madu dan bubuk kayu manis adalah solusi yang bisa Anda coba. Campurkan 5 sendok teh madu dan 1 sendok teh kayu manis lalu oleskan di bagian gigi yang sakit. Ramuan ini adalah alternatif yang bagus untuk meredakan rasa sakit gigi.

5. Melembabkan Kulit Kering

Madu adalah pelembab kulit terbaik yang berasal dari alam, maka tak heran jika banyak pelembab wajah Korea terbaik juga menambahkan ekstrak madu ke dalamnya. Jika kulit anak Anda dirasa kering dan Anda khawatir jika nanti ia bersisik, Anda bisa membuat pelembab sendiri di rumah dengan bahan dasar madu dan lemon atau lidah buaya. Anda bisa menyaksikan perubahan sigifikan setelah Anda mengoleskan pelembab alami tersebut pada bagian kulit yang kering.

6. Meredakan nyeri otot

Apabila anak terlalu banyak beraktivitas di sekolah, tak heran jika ia bisa mengalami nyeri-nyeri di otonya. Cara menghadapi anak dengan sabar ketika mengalami nyeri otot adalah dengan meminumkan campuran 2 sendok teh cuka apel, 1 sendok teh madu, dan 250ml air dingin pada anak. Ramuan ini dapat meringankan rasa nyeri yang ada dan mengobati anak agar terlepas dari nyeri otot dalam waktu yang relatif cepat.

7. Mengatasi kulit berjerawat

Terkadang, anak cukup malas mengobati jerawat yang muncul satu-dua di wajahnya. Jika sudah begitu, tak ada cara mengatasi anak cuek dengan permasalahannya seperti itu selain memberikan madu untuknya. Madu memiliki banyak kandungan nutrisi yang tak hanya manjur untuk menghilangkan jerawat, tapi juga melembabkan kulit sekaligus meningkatkan kekenyalan kulit di saat yang bersamaan.

8. Meningkatkan metabolisme tubuh

Jika anak Anda sering sakit, Anda dapat menerapkan cara mengatasi anak rewel dan susah menjaga kesehatan tubuhnya dengan menjadikan madu sebagai suplemen. Berikan satu sendok makan madu setiap harinya dapat memberikan perubahan yang cukup mencolok. Madu membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga sistem imun anak selalu kuat dan terhindar dari beragam penyakit.

9. Mengontrol asma

Cara menjadi ibu yang cerdas untuk mengurangi frekuensi anak terkena asma adalah dengan rutin memberikan madu pada anak. Manfaat madu untuk anak dengan asma sangat besar khususnya jika penyakit tersebut sering kambuh di malam hari. Madu memiliki khasiat untuk mencegah tersumbatnya saluran pernapasan dan menjadikan anak lebih lancar bernapas.

Nah, sekarang Anda sudah tahu betul manfaat madu untuk anak, bukan? Tak ada lagi keraguan untuk semakin rutin memberikan madu untuk anak agar kesehatannya selalu terjaga.