Simak Yuk 7 Cara Mengatasi Anak Gagap Saat Berbicara

71

Gagap dalam berbicara umumnya terjadi pada anak yang baru saja mulai belajar berbahasa dan berbicara. Hal ini biasanya akan menghilang seiringnya waktu setelah anak lancar berbicara.

Meski begitu, ada baiknya membantu anak untuk menghilangkan kegagapannya ini agar tidak terus berlanjut. Berikut cara mengatasi anak gagap yang bisa dilakukan ibu.

1. Mintalah anak bicara dengan tenang dan perlahan

Saat anak berbicara gagap mintalah ia untuk berbicara dengan tenang secara perlahan. Tindakan ini akan membuat anak lebih relaks dan santai serta tidak terburu-buru saat berbicara sehingga memberikan waktu kepada anak untuk memikirkan kosa kata yang ingin ia ucapkan. Bicara dengan tenang adalah cara mendidik anak agar percaya diri saat berbicara.

2. Sabar mendengarkan ucapan anak

Saat anak bicara gagap jangan memotong pembicaraannya karena ucapannya yang tidak jelas. Ini bisa mengganggu psikologis anak dan membuat ia tidak percaya diri dalam berbicara.

Sabarlah mendengarkan setia perkataan anak dengan sabar agar ia juga tidak tergesa-gesa dan bisa memikirkan apa yang hendak diucapkannya terlebih dahulu. Tanggung jawab ibu terhadap anak juga termasuk memberikan pendidikan dan pelatihan pada anak.

3. Belajar membaca dengan lantang

Ajak anak untuk membaca bersama dengan pengucapan yang keras dan mintalah ia menirunya kembali dengan suara lantang. Jika anak telah bisa membaca mintalah ia membaca dengan suara lantang.

Ini akan membuat anak dapat bernapas dengan baik saat berbicara. Cobalah cara menjadi ibu teladan yang bisa memberikan contoh yang baik dalam berbicara.

4. Jangan bereaksi negatif

Cara mengatasi anak gagap berikutnya adalah dengan tidak memberikan reaksi negatif yang menimbulkan ketidaknyamanan pada anak saat ia berbicara gagap.

Tetaplah mendengarkan dengan baik hingga anak menyelesaikan ucapannya dan pujilah ketika ia bisa menyampaikan satu kalimat dengan lancar. Pujian merupakan cara mendidik anak agar mau belajar bicara dengan lancar dengan dukungan motivasi.

5. Biarkan anak menyelesaikan kalimatnya sendiri

Saat anak gagap dan kesulitan melengkapi ucapannya, jangan dibantu dengan meluruskan atau melengkapi ucapannya. Biarkan anak menyelesaikan kalimatnya dan hal ini akan membantu dalam kelancaran anak dalam berbicara. Melatih dan mendidik anak juga merupakan fungsi ibu dalam keluarga.

6. Pilih tempat yang nyaman untuk berbicara

Sebaiknya latih anak untuk berbicara dengan lancar di tempat yang lebih tenang dan nyaman. Tempat yang seperti ini akan membantu anak lebih konsentrasi dalam memilih dan memikirkan kata-kata yang hendak ia ucapkan. Ciri-ciri ibu yang baik itu mampu memberikan kenyamanan untuk anak dan keluarga.

7. Terapi wicara

Jika kegagapan anak dalam berbicara terlihat parah dan terus berlanjut dimana seharusnya ia sudah mampu untuk bicara dengan lancar, mintalah bantuan terapis untuk terapi wicara. Dengan begitu anak akan mendapatkan penanganan yang lebih tepat dengan permasalahannya.

Demikianlah 7 cara mengatasi anak gagap dalam berbicara. Kenali juga penyebab dan cara mengatasi anak terlambat bicara. Penting juga untuk menjauhi bahaya gadget untuk anak yang juga bisa mempengaruhi bicara anak yang gagap terkena dampak negatif game online.

Dimana anak lebih tertarik bermain gadget dari pada berkomunikasi dengan lingkungannya. Cara mengatasi kecanduan game online pada anak itu cukup sulit loh, bun.