Bunda, Inilah 7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

84

Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah MakanSetiap anak pasti memiliki masa dimana ia akan menjadi sangat susah makan. Kebanyakan orang tua pasti akan merasa kewalahan menyikapi penyebab dan cara mengatasi anak susah makan karena tak mungkin anak dibiarkan tidak makan.

Penyebab anak susah makan :

  • Terlalu banyak memakan cemilan sehingga anak tidak lagi merasa lapar dan selalu kenyang.
  • Kehilangan nafsu makan karena sakit seperti sariawan atau gangguan pencernaan.
  • Anak sudah mulai memilih-milih makanan yang enak sesuai dengan seleranya.
  • Keasyikan bermain dan berkreativitas cenderung membuat anak jadi malas makan.
  • Bosan atau tidak suka dengan menu makanan yang disajikan.
  • Ingin memakan makanan tertentu, seperti makanan yang manis atau pedas.
  • Anak kekurangan nutrisi yang membuat kondisinya menjadi tidak fit.

Cara mengatasi anak susah makan :

  1. Kurangi kebiasaan ngemil pada anak

Memberikan anak cemilan dalam jumlah banyak memang akan mempengaruhi nafsu makan anak. Perutnya yang selalu terisi ragam cemilan di sepanjang waktu akan membuat anak merasa kenyang dan tidak lagi merasa lapar. Fungsi ibu dalam keluarga bagi anak juga harus memperhatikan hal kecil seperti ya, bun.

  1. Konsultasikan ke dokter.

Penyebab dan cara mengatasi anak susah makan bisa diketahui juga dengan mengkonsultasikannya ke dokter. Mungkin saja anak sedang tidak enak badan karena adanya gangguan pencernaan, sariawan atau masalah kesehatan lainnya yang membuat anak kehilangan serela mau makan. cara menjadi ibu dan istri yang baik memang harus sigap dalam memperhatikan kondisi anak.

  1. Variasikan menu makanan untuk si kecil.

Mungkin si kecil sudah bosan dengan menu makanannya yang tidak jauh berbeda setiap harinya. Disini bunda bisa menyiasatinya dengan membuat variasi menu makanan si kecil sehingga ia tidak bosan dengan makanannya. Praktekkan juga resep sarapan praktis untuk si kecil dan keluarga.

  1. Sajikan makanan kesukaan anak.

Saat anak lebih memilih untuk bermain dari pada mengisi waktu makanannya, baiknya sajikan menu favorit anak. Sama halnya dengan orang dewasa, biasanya anak akan sulit menolak makanan favoritnya. Cara menjadi ibu kreatif memang harus dipahami dalam menghadapi tingkah laku si kecil ya, bun.

  1. Sediakan alat makan yang menarik untuk si kecil.

Memberikan peralatan makan khusus bisa menjadi pendorong untuk anak agar mau makan. Wadah makan yang lucu bisa menarik minatnya sehingga ia pun bisa memainkan imajinasinya saat makan. Hal ini cukup efektif sebagai cara mengatasi anak yang susah makan loh, bun. 

  1. Tidak memaksa anak untuk menghabiskan makanannya.

Mungkin anak sedang enek dan tidak berselera dengan makanan yang disajikan. Dari pada memaksa, lebih baik berikan alternatif makanan lain yang anak inginkan. Beginilah cara menjadi ibu bijak yang bisa menyikapi permasalahan anak dengan baik.

  1. Suplemen penambah nafsu makan.

Cara mengatasi anak susah makan yang paling umum dilakukan seorang ibu adalah dengan memberikan sulemen penambah nafsu makan. Belajarlah cara menjadi ibu yang cerdas dalam memilih suplemen dan vitamin untuk anak susah makan yang bagus dan aman.

Melihat 7 penyebab dan cara mengatasi anak susah makan diatas membuat para wanita harus tahu tips sabar menghadapi anak kecil yang rewel saat makan dan tips menjadi wanita yang cerdas dan pintar dalam mengurus anak ya, bun.