Begini 7 Cara Mengatasi Anak Indigo Beserta Keistimewaannya

328

Cara Mengatasi Anak IndigoAnak indigo dimasa kini dikenal sebagai anak yang memiliki keistimewaan ketimbang dianggap sebagai anak yang aneh. Mengingat perilaku mereka yang berbeda dengan anak biasa pada umumnya.

Sebagai orang tua yang memiliki anak indigo, tentu sedikit bingung dalam memahami kelebihan sang anak yang mampu melihat hal yang tak kasat mata. Nah, kita simak yuk cara mengatasi anak indigo

1. Lebih dekat dan terus mendampingi anak

Anak indigo dengan segala kelebihan yang dimilikinya, maka orang tua harus terus mendampinginya dan lebih mendekatkan diri dengan mereka karena begitulah fungsi ibu dalam keluarga seharusnya. Kelebihan yang mereka miliki membuat mereka tumbuh berbeda dengan anak normal lainnya.

2. Tunjukkan respon yang positif

Sebagai orang tua mungkin masih tidak menyangka jika anaknya dianugrahkan oleh yang Maha Kuasa suatu kelebihan. Terlebih berhubungan dengan hal yang tidak dapat dilihat oleh orang awam. Mengetahui hal ini, percaya atau tidak berikanlah respon positif terhadap apa yang dialami anak dengan tidak membuat mereka down. Disini dibutuhkan peran ibu dalam psikologis anak usia dini.

3. Arahkan anak pada pendidikan agama sejak kecil

Pendidikan agama sangat penting untuk membangun karakter dan kepribadian anak. Terlebih anak indigo yang berhubungan dengan hal yang tak kasat mata yang juga berkaitan dengan ilmu agama. Dengan pendidikan agama anak juga bisa mengarahkan kemampuanya untuk hal yang positif. Tentunya ini adalah cara menjadi ibu yang baik buat anak.

4. Jadilah pendengar yang baik sekaligus teman diskusi untuk anak

Cara mengatasi anak indigo berikutnya adalah dengan menjadi pendengar yang baik sekaligus teman berdiskusi untuk mereka. Mereka butuh seseorang yang bisa memahami dengan baik tentang apa yang ia alami. Umumnya, anak indigo lebih dewasa dalam pemikirannya dibanding anak seumurannya. Ciri- ciri ibu yang baik untuk anak indigo yakni harus bisa memahami mereka dengan baik. 

5. Terima kelebihan anak dan kumpulkan lebih banyak informasi

Sudah jadi tanggung jawab ibu terhadap anak untuk menerima segala kelebihan dan kekurangan mereka. Untuk anak indigo sebaiknya orang tua memahami semua tingkah laku anak yang berbeda tersebut. Galilah lebih banyak informasi tentang anak indigo dan temukan lebih banyak tips menjadi ibu yang sukses mendidik anak

6. Berikan dukungan psikologis pada anak

Dibalik kelebihan seorang anak indigo ini, umumnya mereka memiliki permasalahan dengan emosionalnya. Mereka kesulitan dalam mengendalikan emosi yang terwujud dalam bentuk kemarahan, kesedihan, kecemasan atau ketakutan yang mendalam. Maka dari itu perlu diketahui cara mengatasi anak yang suka melawan orang tua dan emosional.

7. Kembangkan bakat anak sesuai kemampuannya

Orang tua harus bisa membantu anak mengembangkan bakat yang menonjol dalam diri anak. Ini adalah cara mendidik anak agar pintar dan tentunya baik bagi anak agar bisa mengembangkan kemampuannya. Jangan memaksa anak melakukan hal bertolak belakang dengan kemampuan yang dimilikinya.

Demikianlah 7 cara mengatasi anak indigo yang istimewa ini. Penting juga untuk mengetahui cara mengatasi anak jenuh belajar dirumah. Simak pula lebih banyak tentang tips sabar menghadapi anak kecil indigo.